Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Jumat, 28 Oktober 2011

Gubernur Pantau Langsung Pilkada Landak


PONTIANAK--Ingin memastikan pelaksanaan pemilukada di Kabupaten Landak berjalan dengan lancar dan damai, Gubernur Kalbar, Cornelis, akan turun langsung memantau persiapan bahkan sampai pelaksanaan pada hari H, yakni Kamis, tanggal 9 Juni 2011, besok. Pada saat pemilukada tersebut, diberlakukan hari libur daerah.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Kalbar Cornelis, di Jungkat, Selasa (7/6). Menurutnya, ia merasa perlu melihat proses dan jalannya tahapan pesta rakyat di daerah asalnya tersebut lantaran di kabupaten itu memiliki karakteristik dan tipe masyarakat yang berbeda.
“Masyarakat disana perlu diawasi langsung karena karakyternya berbeda,” kata mantan Bupati Landak itu.
Selain itu, Gubernur juga mengingatkan kepada masyarakat di kabupaten yang terkenal dengan kota Intan tersebut untuk mengikuti proses pemilukada dengan santun dan tertib, dan memilih dengan hati nurani bukan lantaran hasutan dari pihak yang hanya mementingkan kepentingan segelintir orang.
Gubernur juga yakin bahwa selain masyarakat Landak yang memiliki karakteristik berbeda tersebut, masyarakat disana juga sudah semakin pintar dalam memilih sehingga pihak-pihak yang ingin mengacaukan pelaksanaan Pilkada di sana akan percuma dan tidak efektif.
Dalam kaitan adanya yang menyebarkan isu-isu yang bersifat sara ataupun provokatif, Cornelis meminta masyarakat tidak terpengaruh dan jika kemudian menemukan pihak yang sengaja menyebarkan hal-hal yang bisa merusak suasana damai tersbeut agar dapat dilaporkan kepada pihak yang berwenang, dalam hal ini aparat kepolisian untuk ditindak secara hukum.
Beberapa hal yang juga diharapkan untuk diperhatikan masyarakat Kabupaten Landak saat pemilihan nanti yakni untuk memilih pemimpin yang benar-benar dapat membawa Landak menjadi kabupaten yang maju dan memperhatikan kesejahteraan masyarakat.
Hal lain yang juga ditekankan terhadap tahapan yang tinggal menghitung waktu tersebut harus disikapi juga oleh pelaksana Pemilukada dalam hal ini KPUD dan panwaslu untu semakin mempersiapkan kematangan pelaksanaan hajat tersebut.
“Surat-surat suara yang kurang dan mungkin belum didistribusikan harus dapat diatasi secepat mungkin oleh KPU agar saat pelaksanaan nanti tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ingat Cornelis.

H-2 KPU Didemo
Berdasarkan tahapan pemilukada yang dibuat oleh KPU Landak, tanggal 9 Juni 2011 besok adalah pelaksanaan pesta demokrasi di Kabpaten Landak untuk memilih bupati dan wakil Bupati Landak Periode 2011-2016.
Suasaa kampanye yang diduga rawan kerusuhan atau bentrok malah berlangsung aman, damai dan terkendali. Namun disisi lain diambang pelaksanaan justru terjadi hal yang kurang enak didengar, KPU Landak didemo masyarakat pada H-2 atau Selasa (7/6).
Puluhan masyarakat dari berbagai desa dan kecamatan yang tidak masuk DPT (dafar pemilih tetap) mendatangi KPU Landak. Demo dipimpin yang Markus Amit dan Petrus Meon itu menuntut agar pemilukada ditunda sampai ada solusi dari KPU bagi masyarakat yang tidak masuk DPT. Atau dengan solusi masyarakat tetap bisa menggunakan hak pilihnya cukup memakai KTP (kartu tanda penduduk) saja. Namun sampai berita ini dikirim belum ada kesimpulan atau solusi dari KPU Landak. (BT)

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger