Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Jumat, 28 Oktober 2011

Cornelis Harapkan Ada Sinergi Provinsi - Daerah


PONTIANAK--Gubernur Kalbar, Cornelis menganggap banyak pemerintahan daerah yang kurang melakukan koordinasi dengan pemerintah provinsi. Melalui acara seperti Apkasi ini dan sebagai alumni Apkasi juga, Cornelis yakin hal ini dapat diperbaiki agar hirarki yang ada antara pemerintah daerah, provinsi hingga pemerintah pusat berjalan sinergi.

Melalui koridor yang sama antara hirarki yang ada inilah, diyakini sebuah visi dan misi bangsa dapat dengan baik terwujud.
Katanya, sejauh ini, tugas pemerintahan seperti berjalan sendiri-sendiri. Kurangnya komunikasi antara pemerintah daerah dengan provinsi akan menjadikan perjalanan yang kurang rapi.
”Kita tidak ingin perjalanan pemerintah daerah berjalan tanpa melalui koodinasi dengan provinsi atau langsung melompat ke pemerintah pusat. Kalau seperti ini tentulah rencana strategis daerah dan provinsi bisa berbenturan. Padahal hal ini semestinya berjalan beriringan dalam sebuah kesatuan,” jelas Cornelis lagi.
Hadirnya otonomi memang memiliki banyak dampak. Tetapi sebagai kepala daerah semestinya hal ini disikapi dengan baik bukannya malah menjadikan niat untuk berjalan masing-masing.
Kalau pemerintah daerah dan provinsi tidak sinkron, bagaimana cita-cita bisa tercapai. Belum lagi dengan pandangan pemerintah pusat. Dimana semestinya daerah dan provinsi satu komitmen.
”Jangan buat negara dalam sebuah negara,” ingat Cornelis.
Pun begitu dengan anggaran yang berkategori wajib juga semestinya mendapat porsi yang besar. Bukan malah sebaliknya membesarkan anggaran untuk yang bersifat pilihan.
Kalau memang pilihan yang diprioritaskan namun mengabaikan kewajiban, jelas kelak akan ada sebuah ketimpangan. Hal-hal ini harap diingat jangan sampai menjadi rancu visi dan misi daerah.
Belum lagi dengan Bansos yang sering menjadi masalah di mana-mana. Juga harus dicermati dengan lebih akurat. Jangan bansos tersebut hanya nama saja sementara aplikasi di lapangan tidak sesuai dengan tema bansos sendiri.
Yang pasti komunikasi antara pemerintah daerah, provinsi hingga pemerintah pusat harus selalu dijaga. Jangan sampai ada yang terkesan berjalan sendiri-sendiri. Bagaimanapun negara ini adalah negara kesatuan yang tetap harus dikedepankan.
Terhadap terselenggaranya acara yang dihadiri oleh berbagai kepala daerah dari belahan penjuru tanah air, diyakini Cornelis dapat membawa banyak manfaat bagi KKR dan Kalbar.
Di mana berbagai pengenalan potensi yang dimiliki dapat dijadikan salah satu alternatif bagi semua pihak untuk kembali bertandang kelak.
Terlebih dengan mitos jika sudah meminum air Kapuas akan datang kembali ke Kalbar, maka Corneli berharap pada keadaan di depan wajah sekarang yang ada akan bisa tampil lebih baik.
Terhadap singkatnya waktu terhadap acara ini memang merupakan sebuah hambatan tersendiri untuk mengenal lebih jauh KKR dan Kalbar. Tetapi dengan kesigapan semua pihak, diyakini hal tersebut dapat terminimalisir.(BT)

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger