Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Selasa, 12 April 2011

Dekranasda Kalbar Pamerkan Produk Unggulan

JAKARTA--Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Barat, ikut Ajang Promosi Pameran Hasil Produk Unggulan yang digelar di Gedung Pusat Konvensi Usaha Kecil Menengah UKM SMESCO yang digelar Dewan Kerajinan Nasional Jakarta.

Pameran Hasil Produk Unggulan yang berlangsung selama dua hari dari tanggal 16 s/d 17 Maret 201, dibuka Ibu Negara, Ani Yudhoyono. Kegiatan tersebut juga sekaligus dikaitkan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Dewan Kerajinan Nasional yang ke-31 tahun 2011.
Pameran tersebut juga dihadiri Ibu Wapres Herawati Boediono selaku Ketua Umum Dekranas, sejumlah Menteri ikut menyaksikan, diantaranya Menteri Perindustrian MS Hidayat, Menbudpar Jero Wacik, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, Menteri Koperasi dan UKM Syafiuddin Hassan dan Gubernur DKI Fauzi Bowo.
Tema yang diambil dalam peringatan HUT kali ini yaitu meningkatkan perekonomian melalui inovasi kerajinan Nasional yang ramah lingkungan.
Ketua Dekranasda Kalbar Frederika Cornelis, S.Pd, disela-sela pameran mengatakan, “Dekranasda Kalbar tidak pernah absen dalam mengikuti berbagai pameran yang diadakan oleh Dewan Kerajinan Nasional, hal ini kita lakukan guna mempromosikan hasil kerajian yang ada di Kalbar, berbagai even digelar berkaitan dengan produk unggulan kerajinan, Kalbar selalu ikut,” tegas Frederika.
Dekranasda Kalbar juga mempunyai Griya di Provinsi Bali, dipilihnya Bali, karena kita tahu, bahwa di pulau Bali adalah tempat tujuan wisata dunia, jadi ini salah satu kita mempromosikan pada dunia internasional,” ungkannya.
Frederika berharap, organisasi ini dapat berprestasi, mampu menyesuaikan dengan situasi Negara, keadaan organisasi sejenis dunia yang disebut World Craft Council, Dekranas harus terus menjalin kekompakan dalam melaksanakan program kerja bersama seluruh Indonesia, bekerja keras dalam memajukan organisasi .
Peringatan tahun ini juga, Frederika berharap. “Agar ini dapat dijadikan tolak ukur untuk lebih meningkatkan motivasi dan semangat kebersamaan, pengabdian dan berkarya dalam mengembangkan usaha, kualitas produk pengrajin Indonesia, untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat serta membangun ekonomi kreatif Indonesia,“ ungkapnya.
Ditambahkan Frderika, pada tahun 2011, Dekranasda Kalbar mempunyai program kerja, diantaranya, Sekretariat pelayanan administrasi perkantoran, peningkatan sarana dan prasarana, program kapasittas SDM ( Pengrajin/pengurus dekranasda, pengembangan produk, serta pameran, promosi dan kerjasama. Bidang pengembangan usaha dan penggalangan dana serta humas dan pelatihan,.
Sementara itu, Ibu Ani Yudhoyono dalam sambutanya mengatakan, ada tiga hal untuk memajukan Dewan Kerajian baik dipusat maupun didearah, melestarikan , menggali dan mengembangkan, nilai budaya bangsa Indonesia yang tercermin pada produk-produk karya serta meningkatkan nilai ekonomi produk.
”Dengan perkembangan dunia akan kebutuhan produk-produk yang ramah lingkungan, sekaligus perhatian tehadap pelestaian lingkungan, hal ini menjadi tantangan bagi dunia pengrajin, para pengrajin dan pemangku kerajinan di seluruh dunia untuk menghasilkan kreasi yang inovatif dan ramah lingkungan,” tegas Ani.
Selain melaksanakan pameran produk ungggulan, dilaksanakan Rapat Kerja Nasional Dewan Kerajinan Nasional mengambil thema Sinergi Program Menuju Pengembangan Produk Unggulan yang Berdaya Saing dan Berwawasan Lingkungan.
Pembicara dalam rapat tersebut diantaranya, Ibu Gunawan Fauzi (masalah kebijakan Dewan Kerajinan Nasional), Ibu Liza Mustafa Abubakar ( monitoring dan evaluasi program kerja tahunan berapa jumlah pengrajin yang sudah dibina, serta program lima tahunan. Hadir mendampingi Ny. Frederika Ketua Dekranasda Kabpaten/Kota serta pengrus inti Dekranasda Provinsi. (HBT/Nasir/Humasprov)

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger