Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Selasa, 12 April 2011

CGA Tayan Terbesar di Indonesia


PONTIANAK--Menteri Perindustrian RI, MS Hidayat didampingi Gubernur Kalbar, Cornelis melakukan pemancangan tiang pertama mega proyek Chemical Grade Alumina (CGA) di Kecamatan Tayan Hilir Kabupaten Sanggau, Senin (11/4).

Proyek dengan nilai investasi Rp 4,5 triliun itu juga menjadi proyek CGA terbesar di Indonesia.
Hidayat, mengatakan projek yang nantinya akan memproduksi lebih dari 300 ribu ton alumina pertahun tersebut merupakan produsen yang terbesar di Indonesia dan produknya akan diekspor ke Jepang dan negara-negara lainnya disamping untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.
”Bila proyek ini sudah beroperasi, maka Indonesia tiga tahun kedepan akan menghentikan impor alumina,” kata Hidayat saat peresmian The Groundbreaking Ceremony for Chemical Grade Alumina Project.
PT Aneka Tambang (Antam) melalui PT Indonesia Chemical Alumina (ICA) bersama konsorsium termasuk Showa Denco KK (SDK) dan Marubeni Corporation, dalam proyek CGA di Tayan akan bahu membahu merealisasikan sehingga tiga tahun kedepan Indonesia tidak perlu mengimpor alumina lagi.
Sementara itu, Kepala BKPM Gita Wirjawan menjelaskan nilai investasi Indonesia saat ini sebesar Rp 208 triliun dan Kalbar hanya mampu menyerap 1,5 persen atau Rp 3 triliun dan diharapkan dengan mulai adanya CGA di Tayan akan memancing pertumbuhan investasi di Kalbar.
“Target tahun 2010 secara nasional dengan nilai Rp 208 triliun, realisasi investasi sebesar Rp 3 triliun dari penanaman modal asing (PMA) diharapkan akan semakin meningkat ditahun selanjutnya,” jelas Gita Wirjawan.
Sementara itu, Gubernur Cornelis berharap dengan adanya pembangunan CGA ini, PT Antam tetap memperhatikan kesejahteraan masyarakat sekitar karena pembangunan tidak akan berjalan dengan lancar jika tidak didukung oleh lingkungan sekitar.
“Harus didukung juga kepentingan masyarakat sekitar, minimal SDM-nya digunakan sebagai tenaga kerjanya kelak,” harap Cornelis yang didampingi Bupati Sanggau Setiman H. Sudin.(AK/BT)

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger