Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Rabu, 29 Desember 2010

Gali Potensi Cetak Perempuan Kalbar Mandiri

PONTIANAK--Berbekal pengalaman berjenjang mulai menjadi ketua tim penggerak PKK kecamatan, kemudian kabupaten setelah itu provinsi, menjadikan seorang Frederika Cornelis, memahami bagaimana memperjuangkan kesejahteraan kaum perempuan khususnya di Kalbar.

Frederika melalui bidangnya yakni Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalbar yang dipimpinnya, ingin semakin memajukan kaum perempuan, baik di daerah pesisir dan pedalaman, serta perbatasan, agar bisa mandiri dan bisa membantu perekonomian keluarga.
“Dua bidang itu secara perlahan bisa mencetak ibu rumah tangga yang mandiri, membantu menopang kehidupan keluarga,” terang Frederika, di kediamannya Istana Rakyat Kalbar, Jalan A. Yani, Pontianak, Senin (13/12).
Melalui 10 program pokok PKK yang merupakan kebutuhan dasar hidup manusia, yakni penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan ketrampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, perencanaan sehat, sebagai pedoman untuk turut bersama pemerintah provinsi memajukan masyarakat Kalbar.
Munculnya Dekranasda yang kemudian tumbuh subur di berbagai kabupaten kota di provinsi paling barat Pulau Borneo ini, menjadi pilihan tepat, bagaimana menstimulasi agar perempuan Kalbar bisa berkarya menggali potensi kerajinan khas daerah yang menurut ibu dua anak ini belum tergarap secara optimal.
Karenanya, tenun ikat Kalbar, segala kerajinan manik-manik, anyam-anyaman dijadikan cenderamata khas daerah Pulau Borneo ini mudah didapat, yang pusatnya di komplek Museum Kalbar, berhadapan dengan Istana Rakyat. “Menggali potensi kerajinan daerah yang bernilai ekonomi sudah seharusnya dilakukan disamping turut melestarikan tradisi,” terang Frederika yang sehari-hari sangat mendukung tugas sang suami, Cornelis sebagai Gubernur Kalbar.
Agar generasi yang melestarikan tradisi terus menerus ada maka melalui program PKK, diadakanlah pelatihan-pelatihan, penyuluhan-penyuluhan sampai ke kampung-kampung terpencil di seluruh kabupaten kota di Kalbar, bahkan di Kapuas Hulu sudah dibangun sentra kerajinan masyarakat beberapa waktu lalu. Selain itu juga adanya sinergisitas program PKK, Dekranasda dengan isntansi terkait misalnya Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi UMKM, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan sebagainya.
Kiprah sebagai Ketua Tim Penggerak PKK juga sudah menoreh prestasi sampai tinggat nasional, beberapa waktu lalu menjuarai, lomba masak serba ikan tingkat nasional, makanan tiga B (Beragam Bergizi dan Berimbang) semua bahan makanan dari hasil alam Kalbar.
Atas dedikasi dan keberpihakannya terhadap kemandirian perempuan, Panitia Borneo Tribune Award 3rd memasukkan nama Frederika sebagai nominee peraih Man of The Year untuk kategori Perempuan.(TY/HBT)

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger