Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Jumat, 14 Mei 2010

Gubernur Tindaklanjuti ‘Catatan’ Dewan

PONTIANAK--Gubernur Kalbar Cornelis akan menindaklanjuti catatan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi terhadap laporan kerja pertanggungjawaban (LKPj) Gubernur.

“Saya akan menindaklajuti apa yang menjadi catatan dewan, semua, kita harapkan ke depan kerjasama yang baik ditingkatkan, karena Pemda itu menyangkut Kepala Daerah dan DPRD, jadi keberhasilan gubernur juga keberhasilan DPRD,” terang Cornelis usai rapat paripurna LKPj Gubernur Kalbar, di gedung Dewan, Jumat (30/4).
Beberapa catatan yang mesti dibenahi termasuk Dispenda dan dinas kesehatan yang menjadi sorotan DPRD. “Kita akan pelajari dulu di mana hambatannya,” terang Cornelis.
Selain itu fokus utama yang harus dibenahi yaitu pembangunan sumber daya manusia (SDM), pembukaan lapangan kerja, perbaikan infrastruktur, kesehatan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.
Ketua Pansus LKPj, Krisantus Kurniawan, mengatakan, rekomendasi DPRD setelah disampaikan menjadi alat Gubenrnur untuk mengevaluasi kinerja SKPD, mana yang kurang untuk diperbaiki.
“Kita lihat ada perbaikan (dua instansi) ada atau tidak beberapa bulan ke depan, bila tidak ada kinerja, kita mendukung Gubernur memberi tindakan tegas ke Dispenda dan kesehatan,” tegas Krisantus.
Terkait punishment yang disampaikan ke Dispenda, DPRD tidak melihat laporan data kendaraan bermotor di Kalbar. “Sampai hari ini tidak disampaikan padahal kita sudah minta,” terang Krisantus.
Hal tersebut menurut legislator PDIP itu harus jelas karena satu kendaraan bermotor saja sudah bisa dihitung berapa pemasukan ke daerah. “Kita akan tetap telusuri, seharusnya disampaikan secara jelas,” kata mantan ketua DPRD Sanggau itu.
Untuk dinas kesehatan, Krisantus menjelaskan, wabah demam berdarah yang menjadi KLB dan penyakit di daerah perhuluan banyak tidak tertangani Dinkes yang mestinya tanggap. Dalam posisi ini Dinkes Provinsi dianggap lengah.
Seharusnya, kata Krisantus, Dinkes dalam menangani berbagai penyakit dan KLB koordinasi juga dengan kabupaten/kota dan puskesmas. Begitu juga dengan peningkatan Jamkesda.
“Kita maunya Kalbar bisa jadi provinsi terdepan, dan Gubernur berhasil memimpin Kalbar menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan kemasyarakatan,” tukas Krisantus.(borneotribune.com)

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger