Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Senin, 29 Maret 2010

Menteri PDT Fokus Bangun Perbatasan

SAJINGAN DIJADIKAN PASAR DESA


Pontianak--Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), Helmy Faisal Zaini tahun 2010 memfokuskan program pembangunan ke wilayah perbatasan di Kalbar.
“Program Kementerian PDT di Kalbar, fokus ke lima kabupaten perbatasan yakni, Sambas, Bengkayang, Sanggau, Sintang dan Kapuas Hulu, karena sesuai amanah Undang-Undang tataruang,” kata Helmy Faisal Zaini, di Pontianak, Jumat (19/3).

Dipilihnya perbatasan, menurut Helmy, sesuai program unggulan pemerintah, salah satunya pengembangan wilayah daerah terpencil, terluar, terdepan, termasuk perbatasan.
Di Sajingan, Sambas, 2010 ini Kementerian PDT akan membangun pasar desa, “Nanti kita juga akan lihat PLTS-nya di perbatasan termasuk program air bersih,” kata Helmy.
Terkait bedah desa, lanjut Helmy, kalau jalan paralel Sambas-Kapuas Hulu sudah jadi maka akan melewati 15 kecamatan dan 20 desa, itu yang akan dibedah. Terkait anggaran masih disisir, prosesnya masih dipelajari, karena banyak juga usulan program. Sebab, ada sembilan kabupaten yang tertinggal.
Dari 72 ribu desa yang ada di Indonesia, sebanyak 32 ribu termasuk dalam kategori desa tertinggal. Rinciannya, 60 persen dari desa tertinggal berada di kabupaten tertinggal, sementara 40 persen sisanya berada di kabupaten tidak tertinggal.
Selain itu, saat ini ada sekitar 183 kabupaten yang tergolong daerah tertinggal. Jika perubahan paradigma ini dilakukan, katanya, maka kabupaten harus menginventarisir desa-desa tertinggal yang ada di wilayahnya.(borneotribune.com)

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger