Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Senin, 29 Maret 2010

Jalan Tayan Segera Mulus


Gubernur Kalbar Cornelis, Menteri Pekerjaan Umum RI, Joko Kirmanto dan Duta Besar Australia Bill Falmer meresmikan pengaspalan Jalan Pontianak-Tayan, Kamis (18/3). Program ini hasil kerjasama Pemerintah Indonesia dan Australia.
============
Pontianak--Pemerintah Australia melalui program Eastern Indonesia National Road Improvement Project (EINRIP) memberikan perbaikan signifikan bagi jalan dan jembatan nasional di Kawasan Timur Indonesia (KTI) dengan total nilai proyek AUD$ 330 juta yang terdiri AUD$ 300 juta pinjaman sangat lunak, AUD$ 30 juta sebagai sharing pemerintah Indonesia untuk memajukan pembangunan sosial ekonomi KTI.

Demikian disamapaikan Menteri Pekerjaan Umum Joko Kirmanto, usai pencanangan program EINRIP di Kampung Tokok Sungai Bawas, Ruas Pontianak-Tayan, Kalimantan Barat, Kamis, (18/3).
Menurut Joko Kirmanto, di Kalbar salah satu proyek EINRIP adalah pengerjaan ruas Jalan Pontianak-Tayan sepanjang 31,5 kilometer. Proyek ini sebagai peningkatan sistem jaringan jalan nasional di Indonesia terutama KTI khusus kepada jalan nasional baru yang sebelumnya berstatus jalan provinsi, jalan kabupaten dan jalan non status, sehingga diharapkan mampu mendukung pengembangan ekonomi lokal maupun ekonomi wilayah.
Selain itu paket Pontianak-Tayan ini, bagian koridor Trans Selatan Kalimantan dan termasuk dalam sistem jaringan jalan ASEAN (ASEAN Higway). Joko Kirmanto juga menjelaskan, paket ini dalam tahap konstruksi, mulai dikerjakan 24 Juli 2009, dengan masa konstruksi 730 hari.
Duta Besar Australia untuk Indonesia, Bill Falmer, menjelaskan, terdapat 20 paket proyek besar bagian proyek perbaikan jalan di KTI. Program yang sedang berjalan ini 20 proyek jalan dan jembatan selesai tiga tahun mendatang total 300 dolar Australia.
Gubernur Kalbar, Cornelis, mengatakan, pembangunan jalan ini sebagai komitmen pemerintah untuk menembus isolasi masyarakat, dan melancarkan akses antar provinsi di Kalimantan, sehingga dengan sendirinya perkembangan perekonomian masyarakat berjalan. Cornelis juga mengatakan jika dibandingkan dengan kondisi dulu jauh sekali perbedaannya, semuanya sudah berubah luar biasa.

Manuver Pesawat Tempur
Sambil menunggu kedatangan rombongan Duta Besar Australia bersama rombongan Menteri Pekerjaan Umum dan Gubernur Kalbar ke kilometer 57, lokasi pencanangan, selain hiburan musik orgen tunggal Lamen, undangan dan masyarakat Kecamatan Sungai Ambawang yang hadir di lokasi disuguhi juga atraksi maneuver dua pesawat tempur Hawk 100/200 milik pangkalan TNI Angkatan Udara Supadio.
Terlihat beberapa kali pesawat terbang sangat rendah, sehingga setiap kali pesawat lewat, riuh tepuk tangan dan sorakan kagum juga datang dari masyarakat yang hadir.(borneotribune.com)

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger