Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Jumat, 05 Februari 2010

Utamakan Kepentingan Rakyat


PONTIANAK--Pengucapan sumpah janji pimpinan DPRD Provinsi Kalimantan Barat bertempat di Balairung Sari Gedung DPRD Kalbar berlangsung khidmat, Selasa (8/12).
Tampak hadir Gubernur, Wakil Gubernur, BPK RI perwakilan Kalbar, Konsul Malaysia, pimpinan parpol, dan sejumlah pejabat tinggi di daerah ini termasuk unsur Muspida.

Berdasarkan daftar hadir, terdata 52 Anggota DPRD Provinsi yang menghadiri acara tersebut, sementara tiga orang berhalangan hadir.
Ketua Sementara DPRD Kalbar Kebing yang memimpin sidang menjelaskan bahwa pengucapan sumpah dan janji pimpinan itu adalah hal yang biasa. “Begitupun dengan rapat paripurna ini tidak memerlukan kuorum,” ungkap Kebing membuka sidang.
Momen yang bersejarah itu adalah tindaklanjut dari surat Keputusan Mendagri Gamawan Fauzie, No 161.61-793/2009 tentang persemian pengangkatan pimpinan DPRD Provinsi Kalbar.
Dalam SK itu menunjuk Minsen sebagai ketua, Prabasa Anantatur, Nicodemus R.Toun, H. Ahmadi Usman, S.Ag berturut-turut menjabat sebagai wakil ketua masa bakhti 2009-2014.
“Tugas kami berakhir setelah diambilnya sumpah janji pimpinan definitif,” ujar Kebing.
Ia menghimbau setelah dilantiknya ketua agar alat kelengkapan dewan segera dibentuk agar segala sesuatunya yang menyangkut tugas dewan dapat terlaksana dengan baik.
Pengucapan sumpah/janji diambil oleh Ketua Pengadilan Tinggi Kalbar, I Ngurah Somia, SH dan dibantu dua orang rohaniwan, Romo Yusuf, CM dan H. Nur Anwari. Sebelum membacakan sumpah/janji yang tertuang dalam tata cara pengucapan njanji anggota DPRD, Somia mengingatkan bahwa sumpah itu mengandung tanggung jawab terhadap NKRI, UUD 1945, kesejahteraan rakyat.
Dalam menjalankan kewajiban akan bekerja sungguh sungguh demi kehidupan demokrasi, mengutamakan kepentingan bangsa dan Negara dari kepentingan pribadi dan golongan.
Ketua definitif Minsen, mengucapkan terima kasih kepada ketua pengadilan tinggi, rohaniwan, dan ketua DPRD sementara.
Mengawali pidatonya yang pertama minsen mengungkapkan bahwa di Kalbar sangat banyak persoalan yang dihadapi ketika dirinya memimpin lembaga eksekutif itu.
Mulai dari persoalan ekonomi, penegakan hukum, masalah sosial, dan masalah-masalah lainnya. Kata Minsen, pihaknya segera akan meresmikan alat kelengkapan DPRD baik yang sudah dibentuk maupun yang belum.
“Dalam melaksanakan tugas ini kami mohon dukungan semua pihak, terutama masayarakat Kalbar,” ucap mantan Ketua DPRD Landak itu.
Gubernur Kalbar, Cornelis dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa di jenjang tingkat pemerintahan republik ini memiliki kelengkapan admistrasi. Demikian juga di Kalbar dengan dilantiknya ketua definitif, tugas-tugas dewan harus segera berjalan. Menurutnya tugas dewan mendesak adalah mengenai pembahasan anggaran 2010.
Ada empat parpol yang menjadi pimpinan DPRD Kalbar hasil pemilu 2009. PDI Perjuangan, Demokrat, Golkar dan PPP. Meski ketua DPRD berasal dari PDIP namun pimpinan Negara ini adalah Partai Demokrat. “Saya harapkan untuk tidak mengutamakan kepentingan parpol, tapi utamakanlah kepentingan rakyat,” pinta Cornelis.
Menyangkut tugas DPRD, pemerintah dalam melaksanakaan pembangunan perlu mencermati program 100 hari presiden RI, sebagai pondasi pembangunan lima tahun ke depan. Ada 15 program, satu diantaraanya yaitu sinegri pemerintah pusat dan daerah. “Jadi kita di daerah ini tidak terlepas dari pantuan pemerintah pusat,” tegas Cornelis.
”Selaku penyelenggara pemerintah pusat di daerah, saya berharap DPRD dapat bersinergi dengan pemerintah. Keseluruhan program pembangunan perlu diimplementasikan berdaarkan hasil nota kesepakatan bersama,” tambahnya seraya berhap DPRD dalam membahas RAPBD 2010, dapat tepat waktu.
Gubernur mengucapkan terima kasih kepada ketua pengadilan tinggi dan rohaniawan yang telah mengambil sumpah/janji piminan definitif DPRD Kalbar.
Mengakhiri sambutannya gubernur berpesan dalam menjalankan amanah masyarakat untuk lebih bersinergi, baik di provinsi maupu di tingkat kabupaten/kota.(BORNEO TRIBUNE)

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger