Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Minggu, 07 Februari 2010

PDIP Siap Koalisi di Pemilukada

Pontianak--Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) enam kabupaten di Kalbar akan dilaksanakan serentak 19 Mei mendatang. Enam Kabupaten yakni Kapuas Hulu, Melawi, Sintang, Sekadau, Bengkayang, dan Ketapang.
PDIP sebagai pemenang pemilu di Kalbar lalu hanya mempunyai dua kabupaten yang dapat mencalonkan kadernya secara penuh. Yakni Bengkayang dan Ketapang. Sedangkan di empat kabupaten lainnya suara PDIP tidak memenuhi kuota suara 30 persen sebagai syarat pencalonan bupati dan wakil bupati.

Untuk itu Ketua DPD PDIP Kalbar, Cornelis mengungkapkan pihaknya akan siap berkoalisi dengan partai manapun mengusung calon bupati dan wakil bupati di daerah yang tidak memenuhi kuota suara maupun kursi.
“Empat daerah kita tidak bisa mencalonkan sendiri, karena kursinya tidak cukup. Untuk itu kita harus berkoalisi,” kata Cornelis disela istirahat siang Raker PDIP di Hotel Kapuas Palace Pontianak, Selasa.
Sedangkan untuk mitra kaalisi menurut Cornelis yang juga Gubernur Kalbar ini tergantung calon bersangkutan. Jikapun tidak ada kader PDIP yang akan diusung menjadi bupati atau wakil bupati maka pihaknya mengaku siap mendukung kader dari partai lain sebagai mitra koalisi. “Kalau tidak ada kader kita dukung patai lain, tidak ada masalah,” imbuhnya.
Seperti yang diketahui di tingkat pusat PDIP merupakan partai oposisi pemerintah berkuasa di dalamnya tergabung koalisi besar di komandani Partai Demokrat. Namun, Cornelis mengungkapkan untuk pemilihan kepala daerah tidak ada masalah dengan partai-partai yang akan berkoalisi. Partai manapun PDIP kan siap berkerjasama memenangkan pasangan diusung.
“Tidak ada masalah, PDIP bisa berkoalisi degan siapapun. Di pusat lain dengan daerah. Dalam penyelenggaraan pemerintahan satu komando kepala daerah. Tinggal kalau terpilih bagaimana menyelipkan program-program pro rakyat,” paparnya.
Kalau ada permintaan menurutnya siap mendukung dari partai lainnya. Diungkapkannya bahwa sejauh ini sudah ada beberapa partai yang berkomunikasi terkait persoalan koalisi. Namun dia enggan menyebutkan partai mana saja yang telah melakukan komunikasi, “Masih rahasia,” ujarnya.
Sedangkan untuk calon diusung PDIP diungkapnya sebelum Februari sudah selesai. Sebelum pendaftaran di buka KPUD sudah tetapkan nama. Penjadwalan dibahsa dalam rapat kerja. Dia mengaku penetapan ini agak terlambat seharusnya Desember.
Dua daerah PDIP memenuhi persyaratan kuota pengajuan calon, yakni Bengkayang dan Ketapang. Diungkap Cornelis dua daerah ini pihaknya siap mengusung kader terbaiknya.
“Kita berupaya kader PDIP, agar fight dan gengsi partai. Kalah menang urusan belakang,” tukas dia.

Rekomdasi
Setelah melalui persidangan acara Rakerdasus IV di Hotel Kapuas Palace, Selasa (12/1), PDIP Kalbar menghasilkan 5 rekomendasi yang ditanda tangani oleh seluruh peserta rapat di tingkat DPD dan DPC kabupaten/kota PDIP di Kalbar.
Rekomendasi itu adalah pertama, Rapat Kerja Daerah PDIP IV Kalbar mendukung dan mencalonkan, serta menugaskan kembali Ibu Hj. Megawati Soekarnoputri menjadi Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Masa Bakti 2010-2015 pada Kongres PDI Perjuangan IV pada bulan April 2010 mendatang.
Kedua, PDIP Kalbar menyepakati untuk menyelenggarakan Rakercab di masing-masing Kabupaten/Kota untuk mensosialisasikan hasil-hasil keputusan Rakernas VII dan Rakerda IV PDIP paling lambat pada tanggal 19 Januari 2010.
Ketiga, PDIP Kalbar menyepakati bahwa untuk penjadwalan agenda konsolidasi partai yakni rapat Pengurus Anak Cabang, Konferensi Cabang dan Konferensi Daerah, ditentukan oleh DPD PDI Perjuangan Provinsi Kalbar.
Keempat, PDIP Kalbar menyepakati untuk menyukseskan konsolidasi partai di Kalbar sesuai dengan ketentuan dan mekanisme partai yangberlaku.
Kelima, PDIP Kalbar menyepakati agar seluruh kader partai untuk tetap mengamankan kebijakan Gubernur Kalbar Masa Bakti 2008-2013 yang juga sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Kalbar.(borneotribune.com)

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger