Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Minggu, 07 Februari 2010

Momentum Kebangkitan Dekranasda Kalbar

Pontianak--Gubernur Kalbar, Cornelis mengatakan gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalbar ini yang diresmikan tidak hanya berfungsi sebagai Kantor atau sekretariat saja, akan tetapi juga dapat berfungsi sebagai showroom kerajinan atau griya kerajinan Kalbar, sekaligus memasarkan aneka produk kerajinan dan barang-barang cinderamata khas Kalbar.
“Saya harap, griya kerajinan ini benar-benar dikelola secara baik dan profesional, dengan menampilkan aneka produk kerajinan unggulan dari seluruh kabupaten/ kota yang ada di Kalbar,” ungkap Cornelis, saat meresmikan Gedung Dekranasda Kalbar yang terletak di kompleks Museum Provinsi Kalbar Jalan A Yani, Jumat (5/2).

Dikatakannya, untuk merealisasikan ini semua, sudah barang tentu tidak semudah yang dibayangkan. Dekranasda perlu mendapatkan dukungan dan perhatian berbagai pihak, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, kalangan dunia usaha, termasuk BUMN atau BUMD maupun lembaga pembina yang mempunyai komitmen untuk memajukan dan menumbuh kembangkan usaha industri kerajinan rakyat yang ada di bumi Kalbar.
“Setelah diresmikan, saya minta, griya ini dapat ditetapkan sebagai salah satu paket objek kunjungan wisata yang terintegrasikan dengan paket wisata museum Provinsi Kalbar,” jelasnya.
Untuk lebih gencar dalam memperkenalkan dan mempromosikan griya ini, diminta tamu yang berasal dari luar Kalbar, terutama di lingkungan Setda Provinsi Kalbar, dinas, badan, instansi vertikal BUMN atau BUMD, swasta sebisa mungkin dapat diarahkan untuk meluangkan waktunya berkunjung ke griya ini.
“Sebenarnya, makna dari keberadaan griya ini dapat memberikan peran dan kontribusi nyata dalam membantu perajin untuk memasarkan produk yang mereka hasilnya, sehingga problema yang dihadapi para perajin selama karena sulitnya pemasaran, dapat diatasi,” kata Cornelis.
Sementara itu, Ketua Dekranasda Kalbar, Ny Frederika Cornelis mengatakan peresmian ini merupakan momentum awal dari kebangkitan Dekranasda, pengurus akan manfaatkan griya ini seoptimal mungkin, dan tidak hanya sebagai sekretariat, tapi akan berfungsi sebagai galery kerajinan yang akan mempromosikan dan memasarkan aneka produk kerajinan unggulan Kalbar.
“Kami menghimbau, agar kita semua memanfaatkan kesempatan ini untuk berperan aktif dalam mengisi galery kerajinan dengan produk-produk unggulan masing-masing daerah, kami juga menyiapkan aoutlet secara gratis,” ungkap Ny. Frederika Cornelis.(hbt)

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger