Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Minggu, 07 Februari 2010

Kalbar Raih Sertifikat Bebas Flu Burung

Pontianak--Kalimantan Barat secara resmi bebas flu burung atau virus H5N1 ditandai dengan diserahkannya sertifikat bebas flu burung oleh Menteri Pertanian RI, Suswono kepada Gubernur Cornelis, di Kapuas Palace, Senin (25/1) malam tadi.
Menurut ketua pelaksana harian Komnas Flu Burung Pandemic Influensa, Bayu Krisna Mukti, H5N1, sejak ditemui Februari 2004, namun Mei 2004 sudah tidak ada serangan lagi di Indonesia, namun peraturan internasional mengharuskan untuk mengantisipasi virus mematikan itu.

Untuk Kalimantan Barat, Januari 2007, Gubernur Kalbar mengajukan permohonan kalau provinsi ini bebas flu burung. Setelah dilakukan pengkajian penilaian, seperti dari IPB, laboratorium kesehatan hewan di Kalbar, BPPP Regional 5 di Banjar Baru. Akhirnya 16 Desember 2009 Komisi Ahli Kesehatan Hewan dan Kesehatan Veteriner merekomendari Kalbar bebas flu burung.
Lanjut Krisna, Kalbar juga konsisten melaksanakan SOP menangani wilayah yang kena flu burung, seperti surveilance, pengawasan, pemusnahan.
“Kalbar dihadapkan dengan medan infrastruktur yang sulit, namun konsisten Gubernur terus berusaha, menyatakan untuk provinsi ini bebas flu burung,” terang Krisna.
2010 Flu burung menjadi penyakit yang ditangani secara internal di dalam sistem internal di dinas peternakan kesehatan dan organisasi yang ada di dalam pemerintahan, karena penyakit menular yang berpotensi menjadi wabah 60 persen dari hewan, HIV Aids, Flu H1N1, Antraks, DBD, rabies.
“Kalbar bebas rabies, itu merupakan salah satu target berikutnya,” tegas Krisna.
Sementara itu, Gubernur Cornelis mengatakan, jangan besar kepala dulu, karena kedepan harus lebih giat lagi. Surat dari menteri menyatakan bebas flu burung belum cukup.
“Semua stakeholder hendaknya bekerjasama menjaga agar virus endemic tidak masuk di Kalbar seperti menjaga pintu masuk bandara, pelabuhan laut, perbatasan harus dijaga, ini semua penyakit berbahaya dan menakutkan,” tegas Cornelis.
Terkait sertifikat bebas flu burung, Cornelis menganggap ini keberhasilan semua masyarakat di Kalbar. “Cek lapangan jangan sampai terlena, lupa tahu-tahu masuk flu burung,” kata Cornelis sekaligus mengingatkan staf-stafnya yang terlibat langsung dengan upaya penangkatan flu burung tersebut.(borneotribune.com)

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger