Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Sabtu, 06 Februari 2010

Hidayat Lantik Pengurus KADIN Kalbar


TANDA TANGAN
Ketua Umum KADIN Indonesia, M.S. Hidayat, sedang menandatangani berita acara pelantikan KADIN Kalbar disaksikan Gubernur Cornelis, bertempat di Pendopo Gubernuran, Minggu (27/12).
=========
Pontianak--Menteri Perindustrian Kabinet Indonesia Bersatu II yang juga ketua KADIN Indonesia, M.S. Hidayat melantik pengurus Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kalbar untuk periode 2009-2014.

Acara penuh hikmat dan masih dalam suasana Natal itu berlangsung di Pendopo Gubernuran Jalan A Yani, Pontianak, Minggu (27/12).
Pelantikan Santyoso Tio cs tersebut selain dihadiri Menprin, juga dihadiri Gubernur Kalbar, Cornelis, Danlanal Pontianak, Kolonel (P) Parno, Danrem 121/ABW, Kolonel (Inf) Nukman Kosadi, Sekda Kalbar, H. Syakirman, para Asisten, Kepala Dinas di lingkungan Pemprov Kalbar, Walikota Pontianak, H Sutarmidji, Bupati Sanggau H Setiman H Sudin, para pengurus yayasan dan pengurus asosiasi lainnya.
MS Hidayat dalam arahannya usai melantik para pengurus KADIN Kalbar mengatakan, KADIN Kalbar harus bisa kerjasama dengan pemerintah daerah dalam membangun ekonomi Kalbar.
KADIN akan dapat berjalan optimal, apabila pengurus yang terlibat di dalamnya merupakan orang-orang dari dunia usaha.
“Saya minta KADIN daerah harus memiliki kerjasama dengan Pemda setempat dalam membangun ekonomi daerah,” ungkap Hidayat.
Lebih lanjut Hidayat mengatakan, tugas utama KADIN adalah membangun perekonomian daerah, dan dalam lima tahun kedepan pemerintah akan kembali membangun sektor rill agar dapat bersaing dengan negara-negara pesaing di kawasan regional.
Indikator-indikator makro sekarang ini sudah ditetapkan agar pembangunan sektor rill terus ditingkatkan, karena dunia usaha memegang peranan penting untuk memajukan perekonomian di daerahnya masing-masing.
Nilai-nilai sektor yang mampu memberikan nilai tambah bagi ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteraan, karena pengusaha yang bekerja dan berinisiasi akan memberikan nilai tambah untuk income perkapita, dan dapat mendorong daya beli yang meningkat.
”Otomatis hal ini akan dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat,” ujarnya.
Sebagai sebuah organisasi yang menaungi semua sektor usaha, Hidayat mengharapkan KADIN harus membangun kerjasama dengan Pemda untuk mewujudkan program dan sasaran yang telah dibuat KADIN.
“Saya harapkan, dengan dilantiknya pengurus ini, dunia usaha dapat ditingkatkan, karena Kalbar adalah daerah yang potensial dalam mengembangkan dunia usaha,” ingat Hidayat.
Sementara itu, Gubernur Cornelis mengatakan KADIN merupakan kumpulan orang-orang yang memiliki wawasan dalam membantu pemerintah daerah untuk membangun ekonomi daerah, agar tercipta lapangan kerja yang dapat mensejahterakan masyarakat Kalbar.
“KADIN harus menyiapkan diri untuk menghadapi tantangan kedepan,” jelas Cornelis.
Terkait dengan usaha dan program yang akan dijalankan KADIN dalam kurun waktu lima tahun kedepan, mantan Bupati Landak ini menjelaskan masih banyak keluhan yang dihadapi oleh para investor. Namun keluhan tersebut harus dapat diinventarisir agar tidak terjadi pertentangan dengan perundang-undangan yang ada.
Karena selama ini biasanya, terjadi investasi di daerah, tapi terkadang mereka kurang memahami peraturan perundang-undangan. Sehingga akhirnya terjadi keterlambatan dalam mengurus izin usaha. ”Nah, kedepan itu harus dipahami bersama,” ingatnya seraya mengatakan, pengurus KADIN juga mesti memperhatikan pemasanan global yang kini menjadi sorotan dunia.
”Kita harus dapat memperankan diri kita dalam organisasi ini, karena organisasi bukan menjadi tujuan, tapi oragnisasi adalah alat untuk mencapai tujuan,” tambahnya.
Ketua KADIN Kalbar, Santyoso Tio mengatakan dengan dilantiknya pengurus KADIN, diharapkan dapat berbuat untuk memajukan pembangunan dan perekonomian Kalbar.
Dalam era globalisasi ini, tantangan yang dihadapi KADIN semakin berat, maka segenap pengurus KADIN akan melakukan mitra dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan daya saing dan penciptaan iklim yang baik bagi seluruh pelaku usaha.
”Kita akan jalankan ini sesuai dengan tugas dan fungsi KADIN, dan kami sangat harapkan dukungan dan kerjasama dalam membangun perekonomian Kalbar,” ujar Santyoso, usai dilantikan sebagai Ketua Umum KADIN Kalbar.(borneotribune.com)

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger