Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Minggu, 28 Februari 2010

CU Mesti Bebas Kepentingan Politik Praktis


Pontianak--Gubernur Kalbar, Cornelis meminta agar lembaga keuangan mikro seperti credit union (CU) mesti bebas dari kepentingan politik praktis. Itu untuk menjaga independensinya sebagai lembaga keuangan yang membantu masyarakat miskin benar-benar terwujud.

“CU tidak boleh di sentuh dengan kepentingan-kepentingan lain, jangan ada kepentingan politik praktis. jangan ada kepentingan saya mau jadi ketua dewan adat,” ujar Cornelis, ketika membuka rapat anggota tahunan (RAT) CU Pancur Kasih, di Auditorium Untan Pontianak, Selasa (23/2).
Lanjut Cornelis, Kalimantan daerah kaya raya, namun kenapa masyarakatnya miskin, bodoh dan di cap primitif oleh sebagian orang luar? Ini penyebab salah satunya tidak bisa mengelola uang, sSehingga muncullah CU itu kumpulan anggota yang mau sejahtera, karena berangkat dari ketidakmampuan secara ekonomi.
“CU berkembang melalui pendidikan bagaimana mengelola uang, CU mendidik manajemen keuangan di rumah tangga,” kata Cornelis. Untuk itu, badan pengawas CU jujur profesional tidak ada kepentingan keluarga, pribadi, namun harus kepentingan anggota.
Dari segi manajemen pun menurut Cornelis harus dipimpin seorang manager, yang benar-benar profesional tidak KKN dan manajemen benar-benar diurus dengan manajemen modern, jangan pakai manajemen bangun tidur.
“Bila manajemen bangun tidur, begitu dia tarantuk takajut ia kaningnya bangkak,” kata Cornelis dengan bahasa Kanayatn yang artinya begitu dia terantuk baru terkejut dan keningnya bengkak. Manajemen modern punya perencanaan, planing, organizing, actuating, controlling baru menjadi baik baru bisa sejahtera anggotanya.

Daerah Pesisir
Di satu sisi, Cornelis mengharapkan agar CU di Kalbar tidak memberikan kredit yang hanya untuk konsumtif, namun bagaimana mengembangkan pinjaman itu untuk memperbaiki ekonominya, karena pemerintah memberi keleluasaan, keistimewaan ke CU, tidak kena pajak.
CU membantu menanggulangi kemiskinan membuka lapangan pekerjaan. Cornelis berharap CU juga di kembangkan di daerah pesisir terutama nelayan.(Borneotribune.com)

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger