Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Kamis, 18 Februari 2010

Cornelis Jemput Rekomendasi DPP PDIP

Pontianak--Pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) serentak di enam kabupaten di Kalimantan Barat akan dilaksanaan 19 Mei mendatang. Keenam kabupaten tersebut Bengkayang, Sekadau, Melawi, Sintang, Kapuas Hulu, dan Ketapang. Saat ini tahap pemilukada sedang memasuki masa pendaftaran calon bupati dan wakil bupati.
Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Kalbar, Cornelis mengungkapkan hingga saat ini belum ada rekomedasi dari DPP PDIP terkait nama-nama yang akan diusung partainya pada pemilukada di enam kabupaten dimaksud.

Sementara KPU sudah menjadwalkan penutupan pendaftara dua hari mendatang. Bila rekomendasi itu belum juga turun dari DPP, maka kemungkinan PDIP tidak akan berpartisipasi dalam pemilukada mendatang.
“Seharusnya sudah keluar rekomendasi itu, karena sudah lama diajukan, tapi sampai sekarang belum keluar juga. Padahal disana sudah ada korwil dan sekretaris. Makanya mau tidak mau saya harus turun tangan. Sore ini (kemaren sore, red) akan akan memberikan penjelasan ke DPP,” ungkap Cornelis yang juga Gubernur Kalbar ini ditemui di rumah jabatannya, Jumat (12/2) sore kemarin.
Dijelaskan dia bahwa kewenangan mengeluarkan rekomendasi nama-nama calon bupati dan wakil bupati tiap daerah berada di pusat, karena memang domainnya DPP. Menurut dia saat ini baru dilakukan fit and propertes terhadap caon-calon yang akan menggunakan perahu PDIP aupun yang akan berkoalisi dengan PDIP.
Cornelis mengungkapkan tidak semua daerah PDIP dapat mengajukan calonnya sendiri. Hanya dua daerah saja PDIP dapat mengajukan calon, yakni Ketapang dan Bengkayang. Sedangkan empat daerah lainnya, harus berkoalisi dengan partai lain.
“Sintang hanya tiga kursi, Melawi tiga, Sekadau empat, Kapuas Hulu tiga sehingga tidak cukup mengajukan pasangan sendiri, harus koalisi,” ungkapnya.
Untuk koalisi dia mengatakan pihaknya tidak memaksaan kadernya sebagai bupati. Tergantung pada kesepakatan kolaisi dan pada calon masing-masing.
“Yang penting yang bersangutan cocok,” ujarnya.
Saat ditanya lebih rinci siapa saja yang sudah mendaftar menggunakan partainya dia merinci beberapa nama. Di Bengkayang PDIP akan mengusung Moses Ahie dengan Darwis. Melawi Kluisen sebagai wakil bupati rencananya berpasangan dengan Sukiman. Kapuas Hulu Yosehp Aleksander pendampingnya belum tahu. Sintang ada banyak nama diantaranya Krisantus, Milton dan Abeng.
“Maunya bupati. Untuk koalisi mereka cari sendiri. Untuk Sekadau maunya berbagi kekuasaan. Satu pemerintah dan satu dewan tidak diambil dua-duanya. Kemungkinan Simon Bupati, kita gabung dengan demokrat,” tambah Cornelis.
Semakin dekatnya pelaksanaan pemilukada ini dia minta partai lebih banyak bergerak mulai ketua DPD, DPC sampai ranting dan anak ranting. Untuk menghidupkan mesin partai, dan jangan diam.
“Kita juga tidak bisa sendirian harus bergerak bersama partai koalisi yakinkan rakyat bahwa calon mereka yang layak dipilih,” tukasnya.(www.borneotribune.com)

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger