Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Kamis, 18 Februari 2010

Bandara Singkawang Belum Masuk RPJMN


CINDERAMATA
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas, Armida S. Alisjahbana, memberikan cinderamata kepada Gubernur Kalbar Cornelis usai sosialisasi RPJMN 2010-2014 di Singkawang, Kamis (11/2).
=============
Singkawang--Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Armida Salsiah Alisjahbana mengatakan rencana pembangunan Bandara Singkawang belum masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN).

Pernyataan mentri ini disampaikan saat sosialisasi RPJMN yang digelar di Palapa Fantion Hall Pasir Panjang Singkawang, Kamis (11/2) kemarin.
Sosialisasi itu juga dihadiri Gubernur Kalbar, Cornelis, Wakil Gubernur Kalbar, Cristiandy Sanjaya, Wakil Wali Kota Singkawang, Edy R Yacoub, Wakil Wali Kota Pontianak, Paryadi dan sejumlah bupati dan wakil bupati se Kalbar, termasuk seluruh Kepala Bappeda se Kalbar.
Sebelum masuk pada kementerian yang dipimpinnya, Armida menjelaskan, terlebih dahulu usulan bandara itu masuk ke kementerian teknis yakni Kementerian Perhubungan RI.
“Kita dengar tadi, kata wakil wali kota, wali kotanya sedang bertemu dengan Menteri Perhubungan RI. Setelah usulan itu masuk ke sana, barulah masuk ke kita,” terang Armida.
Armida menuturkan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional siap mendukung langkah Pemkot Singkawang untuk mewujudkan Bandara Singkawang ini. Tentu pendanaannya tak tergantung dari pemerintah saja, tentu bisa dengan pihak ketiga.
“Untuk itu, kita siap membantu dengan program KPS (kerjasama pemerintah-swasta). Butuh investor mewujudkan bandara itu sendiri,” jelas Armida.
Wakil Wali Kota Singkawang, Edy R Yacoub dalam kesempatan itu menjelaskan, program strategis khusus untuk Kota Singkawang adalah membangun bandara Singkawang.
“Mewujudkan bandara tidaklah mudah. Pasti ada kendala. Tapi, kita bertekad bandara ini terwujud,” terang Edy.
Menurut Edy, dalam waktu dekat, dalam waktu tidak begitu lama bandara ini akan ada di Singkawang. Apalagi, Pemerintah Provinsi Kalbar juga memberikan dukungan termasuk pemerintah pusat.
Prihal bandara Kota Singkawang juga diungkapkan Kepala Bapeda Kota Singkawang, Sumastro. Katanya, walaupun belum masuk ke RPJMN 2010-2014, tapi sudah masuk ke buku biru (blue book).
“Sudah masuk, dan kita yakin akan terwujud dalam waktu dekat ini,” terang Sumastro.
Guna mewujudkan bandara tersebut, Gubernur Kalbar, Cornelis sudah memberikan rekomendasi tentang penetapan lokasi bandar udara Kota Singkawang. Pemerintah Provinsi Kalbar mendukung bandar udara Kota Singkawang dilokasi terpilih hasil pengkajian ulang FS di Kelurahan Pamilang, Singkawang Selatan dan merevisi lokasi bandar udara Kota Singkawang sebagaimana tercantum dalam rekomendasi Gubernur Kalbar tanggal 30 Juli 2007.(www.borneotribune.com)

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger