Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Minggu, 07 Februari 2010

Cornelis: Beri Kemudahan pada Investor

Pontianak--Gubernur Kalbar, Cornelis, mengajak bupati dan walikota se-Kalbar untuk memudahkan mekanisme perijinan bagi para investor yang akan menanam modalnya di daerah ini.
Hal tersbut disampaikannya, Jumat lalu, ketika menerima kunjungan kerja Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Gita Wiryawan, ketika melakukan kunjungan kerja ke Kalbar.

Menurut Cornelis, pertumbuhan ekonomi Kalbar diharapkan mencapai rata-rata sekitar 6,8 persen pertahun, dan target penurunan angka pengangguran sebesar 6,32 persen, sehingga untuk mencapai target tersebut diperlukan investasi swasta rata-rata sekitar Rp12,3 triliun atau 55 persen dari target investasi.
“Kondisi penanaman modal dengan angka seperti ini mampu mendorong perekonomian daerah,” kata Cornelis.
Ia berharap, perbaikan prosedur perijinan dan koordinasi serta memberi kepastian hukum dan memudahkan pelayanan kepada para penanam modal dan masyarakat, agar peningkatan investasi benar-benar terwujud.
Sebelumnya, data Provinsi Kalbar, menyebutkan kegiatan penanaman modal di Kalbar tahun 2008 jumlah perusahaan PMDN 168 proyek dengan nilai rencana investasi sebesar Rp 43,61 triliun, sampai November 2009 meningkat menjadi 180 proyek dengan nilai investasi Rp 49,77 triliun.
Sedangkan penanaman modal asing pada tahun 2008 sejumlah 154 proyek dengan nilai investasi 2,49 miliar US dollar sampai November 2009 meningkat menjadi 196 proyek dengan nilai investasi 3,56 milyar US dollar. Angka realisasinya menunjukan peningkatan dari 786,29 juta US dollar pada tahun 2008 menjadi 945,61 juta US dollar.
Selama ini, seperti dikeluhkan para kepala daerah di Kalbar, kesulitan investor masuk karena infrastruktur, seperti listrik, jalan dan fasilitas pendukung lainnya belum bisa menjamin.

Adakan pameran
Tahun 2010 ini Kalbar juga akan mengadakan Borneo Investment Expo, yang akan melibatkan provinsi lain di Kalimantan guna menarik investor masuk ke Kalbar.
”Kegiatan tersebut meliputi pameran multi produk (Trade, Turism & investment),” katnaya lagi.(borneotribune.com)

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger