Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Rabu, 03 Februari 2010

Akan Dibuat Master Plan Perbatasan

Pontianak (BORNEO TRIBUNE) Pemerintah Kalimantan Barat terus berusaha membangun daerah perbatasan. Bebagai upaya dilakukan. Salah satunya dengan membentuk satu master plan tentang perbatasan.

Wakil Gubernur Kalbar, Christiandy Sanjaya mengatakan master plan perbatasan ini penting agar tidak adanya tumpang tindih dalam hal pembangunan perbatasan.
“Jangan sampai nanti masing-masing departemen melakukan pembangunan sendiri sehingga tidak efektif. Agar ada percepatan dan efektif harus ada langkah konfrehensif dalam satu bentuk master plan,” kata Christiandy awal pekan ini.
Untuk itu Christiandy mengharapkan agar kementerian Pembangunan Desa Tertinggal (PDT) menjadi pionir. Termasuk di dalamnya nanti akan diusahakan oleh Badan Pembangunan Perbatasan yang dimiliki Kalbar. Serta diharapkan dukungan dari komisi V DPR RI.
“Semakin banyak yang mengusahakan, akan semakin cepat kita membangun perbatasan,” tambahnya.
Ditambahkan Kepala Bappeda Kalbar, Fathan A Rasyid mengatakan pemerintah menyiapkan grand desain rencana pembangunan tata ruang wilayah.
“Ini sebagai salah satu kebijakan pemerintah jelas bagaiman menjadikan perbatasan menjadi beranda Negara,” ungkapnya.
Secara umum menurutnya rencana detil pengembangan kawasan sudah ada. Hanya saja selama ini masih kurang sosialisasi. Untuk itu menurutnya perlu kembali disosialisasikan sebagai acuan pemerintah daerah, investor dan masyarakat.
Akhir pekan kemarin saat berada di perbatasan Aruk Sambas, Kalbar, Menteri PDT, Helmy Faishal Zaini mengatakan pihaknya akan membuat master plan atau grand desain pembangunan perbatasan.
“Kongkritnya kita sudah bicara dengan Bappeda, Wagub dan lima pemerintah Kabupaten perbatasan Kalbar segera membuat konsep pembangunan perbatasannya,” ungkap Helmy.

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger