Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Rabu, 03 Februari 2010

33.409 Pelamar Rebut 5.352 Formasi

Pontianak (BORNEO TRIBUNE) Pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kalimantan Barat membludak. Jumlahnya mencapai angka 34.288 orang. Namun, yang memenuhi persyaratan administrasi 33.409 pelamar. Jumlah ini akan memperebutkan 5.352 formasi di 14 kabupaten dan kota se-Kalbar.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalbar, Lensus Kandri mengatakan 879 orang pelamar tidak memenuhi persyaratan sehingga tidak dapat diiukutsertakan dalam seleksi tahap selanjutnya.
“Sudah dilakukan seleksi administrasi. Ada pelamar yang tidak sesuai dengan kualifikasi pendidikan, usia melampaui batas minimal dan tidak memenuhi persyaratan lainnya,” jelas Lensus ditemui di Kantor Gubernur, Kamis (19/11).
Adapun pelamar yang tidak memenuhi persyaratan berada di tiga daerah, yakni Kota Pontianak sebanyak 431 orang, Sintang 185 orang dan Ketapang 200 orang. Ditambah lagi dengan 63 orang yang melamar di Pemerintah Provinsi Kalbar. Sehingga total tidak penuhi syarat administrasi berjumlah 879 orang.
Berdasarkan kualifikasi pendidikan, pelamar CPNS tahun 2009 dari strata I (S1) sebanyak 17.846 orang dan DII/DIII sebanyak 16.257 orang. Sedangkan pelamar terbanyak berada di Kabupaten Kubu Raya dengan jumlah 4.565 pelamar.
Lensus mengungkapkan beberapa formasi yang disediakan di daerah kosong pelamar. Diantaranya data yang masuk dari Kabupaten Bengkayang. Di daerah ini terjadi kekosongan formasi dokter umum sebanyak 7 orang, formasi dokter gigi dan rekam medic. Di Pemerintah Provinsi formasi rekam medic juga kosong. Satu pelamar di formasi ini tidak memenuhi kualifikasi pendidikan.
“Untuk dokter memang terjadi kelangkaan di beberapa daerah, karena mereka fikir-fikir bertugas di sana,” ungkap Lensus.
Kekosongan pelamar pada formasi tertentu menurut Lensus tidak dapat diganti dengan formasi lainnya. Tapi akan masuk pada kuota formasi CPNS tahun berikutnya. Sedangkan pelamar yang melamar pada formasi dengan jumlah pelamar tidak memenuhi kuota formasi maka akan dapat dipastikan langsung lulus.
“Kalau ikuti seleksi hingga tahap akhir akan tetap lulus, karena menggunakan sistem ranking,” ujarnya.
Tahun 2009 Menteri Dalam Negeri mengalokasikan formasi CPNS Kalbar sebanyak 5.325. Terdiri dari 2.216 formasi guru, 1.131 formasi tenaga kesehatan, 864 honorer dan 175 Sekretaris Desa.
Adapun rangkaian tahapan penerimaan CPNS 2009 Kalbar yakni. Setelah penerimaan berkas tahapan selanjutnya tanggal 17-18 November pengambilan nomor tes bagi peserta yang lulus administrasi. Tanggal 21 November dilaksanakan tes tertulis secara serentak di seluruh Kalbar.
Tanggal 22-28 November pengolahan hasil tes, dalam hal ini BKD Provinsi Kalbar bekerjasama dengan Universitas Indonesia sebagai pihak ketiga. Dilanjutkan pada tanggal 2 Desember rapat panitia penerimaan provinsi, 7 Desember pengumuman hasil tes. Tanggal 8-17 Desember pemberkasan untuk memperoleh nomor induk pegawai oleh BKN dan 1 Januari 2010 pengangkatan CPNS.

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger