Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Rabu, 11 November 2009

Hari Ini Gubernur Buka FBBK dan Festival Borneo


PONTIANAK--Festival Budaya Bumi Khatulistiwa (FBBK) IX Kalimantan Barat tahun 2009 dimulai hari ini, Rabu (11/11). Usai pembukaan langsung digelar pawai budaya yang melibatkan 1.500 peserta.

“Seluruh rangkaian kegiatan FBBK siap dilaksanakan. Setelah pembukaan dilanjutkan dengan pawai budaya sekitar 1.500 orang peserta ikut dalam pawai ini ,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalbar, Kamaruzzaman dihubungi, Selasa (10/11) kemarin.
Adapun rute pawai budaya yakni start di depan Makorem masuk Jalan Juanda, Jalan Pattimura, Jalan Zainuddin dan kembali di Makorem. Pawai dilaksanakan dengan berjalan kaki.
Setiap peserta diberikan waktu tiga-empat menit untuk menunjukkan atraksi di depan panggung kehormatan. Sedangkan mereka yang sudah memastikan untuk menyemarakan pawai tersebut diantaranya Barisan Bujang Dare se-Kabupaten/Kota, Drumband, Barisan Tim Kesenian, dan Barisan Multi Etnis.
Pembukaan FBBK tahun ini dilangsungkan di Taman Alun Kapuas Pontianak pukul 14.00 WIB. Gubernur Kalbar, Cornelis direncanakan akan membuka langsung acara dua tahunan tersebut, dan akan dihadiri Muspida se-Kalbar, undangan dari provinsi lainnya dan undangan dari Negara tentangga Malaysia dan Brunei Darusalam.
“Konsep pawai budaya diupayakan dapat menampilkan serta menggali potensi kekayaan dan keragaman budaya masing-masing, dengan citra yang spesifik dalam menggagas rancangan ke depan dengan menampilkan perpaduan seni dan teknologi,” jelas Kamaruzzaman.
Jumlah peserta pawai masing-masing kontingen terdiri dari 25-50 orang. Pawai ini nantinya akan perlombakan, dinilai oleh tim juri dan pemenang akan mewakili Kalbar dalam pawai Budaya Nasional.
Selain pawai budaya berbagai even digelar dalam rangka memeriahkan FBBK tahun ini. Kegiatan menampilkan rangkaian kegiatan seni dan budaya secara terpadu yang meliputi pameran wisata, pameran bisnis, kuliner, tanaman hias, pertunjukan lagu daerah, even-even perlombaan, seminar dan festival budaya.
Diperkirakan akan meriah dan besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pameran budaya Kalimantan Barat, dan mengikutsertakan provinsi seregional Kalimantan, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat bahkan negara tetangga yaitu Serawak dan Brunei Darussalam.
“Kita targetkan akan ada 10-20 ribu orang menghadiri FBBK ini,” tambahnya.
Adapun tujuan dari FBBK ini, menurut mantan Plt. Bupati Kubu Raya ini untuk meningkatkan citra daerah sebagai tujuan wisata serta upaya melestarikan seni budaya daerah.
“FBBK ini menandakan bahwa Pemprov Kalbar peduli terhadap nilai-nilai budaya sebagai peninggalan dan kekayaan daerah yang perlu dilestarikan,” tukasnya.(Rizky Wahyuni/Borneo Tribune)

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger