Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Selasa, 27 Oktober 2009

TP PKK Kalbar Juara Umum di Yogyakarta


SANG JUARA
Ketua TP PKK Kalbar, Ny. Frederika Cornelis menerima piala bergilir juara umum tingkat nasional dari Ketua TP PKK Kabupaten Pontianak, Ny. Herlina Ria Norsan. Kabupaten Pontianak mewakili Kalbar berhasil meraih juara umum lomba masak tiga B (Beragam Bergizi dan Berimbang) di Yogyakarta, Senin lalu. FOTO Nasir/Humas Pemprov


Pontianak (BORNEO TRIBUNE)--Untuk kedua kalinya Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Kalbar membawa pulang piala juara umum tingkat nasional lomba masak tiga B (Beragam, Bergizi dan Berimbang) berbasis bahan pangan lokal.
Lomba dilangsungkan di Yogyakarta, Senin (12/10) lalu bertempat di pelataran Candi Prambanan. Lomba tersebut diselenggarakan Direktorat pemasaran dalam negeri dirjen pengolahan dan pemasaran hasil perikanan departemen kelautan dan perikanan. Selain piala juara umum, diraih juga piala juara satu.

Kalau tahun sebelumnya yang didaulat mewakili TP PKK Provinsi adalah TP PKK Bengkayang, tahun ini diwakili Kabupaten Pontianak yang dikoordinir langsung Ketua TP PKK Kabupaten Pontianak, Ny. Herlina Ria Norsan.
Menurut Herlina, Kalbar berhasil mengalahkan dominasi 33 provinsi lainnya yang rata-rata menampilkan masakan dan stand yang jauh lebih bagus, sementara Kalbar sendiri sangat sederhana. Demikian disampaikannya ketika ditemui usai penyambutan oleh Ketua TP PKK Provinsi, Ny. Frederika Cornelis yang didampingi wakil ketua TP PKK Ny. Karyanti Sanjaya di Istana Rakyat Kalbar, Rabu (14/10).
Namun di satu sisi lanjutnya, Kalbar berhasil mencuri perhatian dewan juri dengan menyabet nilai tertinggi 77,7. Sementara juara dua Provinsi Gorontalo total nilai 77,4, ketiga Provinsi Sulauwesi Utara dengan nilai 76,9. Bahan baku yang disiapkan 1244 macam yang berasal dari hasil bumi Kalbar, namun yang dilombakan 49 jenis. “Unsur yang dinilai adalah kreasi, resep dan penampulan,” terang Herlina.
Ketua TP PKK Provinsi Kalbar, Ny. Frederika Cornelis, mengatakan dengan prestasi membanggakan seperti ini maka tidak ragu lagi untuk mengangkat potensi lokal untuk dipromosikan di dalam maupun luar negeri.
“Ini momen untuk mengangkat dan menggali potensi jenis baru makanan lokal penduduk Kalbar, yang ternyata banyak manfaatnya bagi kesehatan,” terang Frederika.
Ia berharap supaya ke depan di Nusa Tenggara Barat (NTB), Kalbar bisa kembali merebut juara umum, karena kalau sudah tiga kali maka piala bergilir ini akan menjadi milik Kalbar.
Menurutnya, mempertahankan lebih sulit daripada merebut, sehingga ke depan pihaknya akan lebih mempersiapkan diri dan semakin menggali potensi alam Kalbar yang belum banyak tergali untuk mengikuti lomba yang sama di (NTB).
Ia juga menyebutkan dari 75 jenis produk lokal asli Kalbar hanya 44 yang ditampilkan dalam perlombaan kali ini. Sehingga masih memungkinkan untuk membuat resep baru yang lebih inovatif.(Hentakun)

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger