Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Selasa, 27 Oktober 2009

Cornelis Lantik Ivo sebagai Sekda Definitif Melawi


SEKDA MELAWI
Gubernur Kalbar Cornelis melantik Ivo Titus Mulyono sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaaten Melawi menggantikan A. Pelles Itang di aula kantor Bupati Melawi, Senin (12/10). FOTO : Lukas B Wijanarko/Borneo Tribune.


Nanga Pinoh (BORNEO TRIBUNE)--Sekretaris Daerah (sekda) baik provinsi maupun kabupaten/kota adalah jabatan karir, bukan jabatan politik. Karena pengkatan sekda melalui proses sesuai dengan norma, strandar, prosedur dan mekanisme yang ditetapkan oleh pemerintah.

Tahapannya, mulai dari pengajuan calon oleh bupati, hingga seleksi administrasi, pemaparan rencana strategis yang dilaksanakan oleh tim penilai rentra dan pembahasan di tingkat baperjakat eselon II provinsi, sampai pada penilaian di tingkat pusat dan terakhir persetujuan menteri dalam negeri sebagai dasar penetapan pengangkatan sekda oleh gubernur.
”Semua tahapan itu telah mengacu kepada ketentuan peraturan perundangan yang berlaku,” kata Gubernur Kalbar, Cornelis ketika melantik Ivo Titus Mulyono sebagai Sekda Kabupaten Melawi, Senin (12/10).
Pengangkatan sekda kabupaten/kota merupakan bagian dari implementasi kebijakan managemen pegawai negeri sipil (PNS) yang didesain sedemikian rupa. Hal tersebut lanjut Cornelis semata-mata untuk mewujudkan adanya keterkaitan yang erat antara pemerintah daerah kabupaten/kota dan provinsi serta pemerintah pusat.
Dalam kontek tersebut kata Cornelis, koordinasi dan kemitraan baik antara pemkab/pemkot Kota maupun dengan pemprov sehingga terjalin hubungan yang harmonis dalam semua aspek pelaksanaan tugas pokok dan fungsi organisasi pemerintahan.
”Tujuan tersebut untuk menyamakan visi dan persepsi serta mengurangi kemungkinan munculnya friksi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan, yang pada akhirnya untuk mewujudkan kemajuan daerah secara bersama-sama,” jelas Cornelis.
Sebagai daerah pemekaran, Kabupaten Melawi pada prsinsifnya berupaya meningkatkan pelayanan publik serta pemerataan pembangunan daerah.
Sebagai daerah pemekaran, tentunya membutuhkan upaya-upaya strategis dalam rangka percepatan pembangunan dan peningkatan pelayanan publik.
Derdasarkan hasil evaluasi berbagai pihak secara umum daerah kabupataten/kota yang baru dibentuk masih dihadapkan pada berbagai kendala yang belum dapat mengoptimalkan upaya-upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat, percepatan kehidupan demokrasi, percepatan pembangunan ekonomi daerah, dan upaya percepatan pengelolaan potensi daerah.
”Karena itu, harus pandai dan jeli merumuskan strategi yang tepat guna mempercepat pembangunan. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah belajar dari pengalaman daerah lain yang berhasil dalam mengelola managemen pemerintah dan sumber daya daerah, sehingga dapat dilaksanakan secara efesien, efektif dan akuntabel,” katanya.
Dengan dilantiknya Ivo Titus Mulyono sebagai pejabat definitif Sekda Kabupaten Melawi, maka diharapkan pelaksanaan tugas dan fungsinya dapat berjalan lebih efektif serta dapat memberikan motivasi dalam penyelenggaraan pemerintahan, serta lebih dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Ivo sendiri sebelumnya dalah sebagai kepala badan pengelolaan keuangan dan kekayaan daerah (BPKKD) Kabupaten Melawi.
Sebelumnya, Bupati Melawi Suman Kurik telah mengajukan tiga nama sebagai kandidat sekda kepada Mendagri. Ketiga nama tersebut, yakni Apeles Itang, Frans Asye, dan Ivo Titus Mulyono.
Setelah menjalan semua tahapan sesuai mekanisme yang berlaku, akhirnya Ivo Titus Mulyono, berhasil mendudukui posisi jabatan strategis di jajaran Pemkab Melawi. Sekda merupakan jabatan yang tertinggi dalam struktural pemerintah daerah.
Hadir dalam pelantikan, Bupati Melawi A Suman Kurik, serta Muspida, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar Ny. Frederika Cornelis rombongan Pemprov yang mendampingi Gubernur, Kepala BKD, Kesbanglinmas Kadis Perhubungaan, Kepala Pol PP, Karo Perwat, Karo Pemerintahan. (Nasir/Humasprov)

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger