Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Selasa, 27 Oktober 2009

Safari Ramadan Gubernur, Sejumlah Masjid dapat Bantuan

Putussibau (BORNEO TRIBUNE)--Sesuai SK Gubernur Kalbar Nomor 446 Tahun 2009 tentang pembentukan panitia silaturahmi dan bhakti sosial Ramadan 1430 H/2009 M, Gubernur Cornelis melakukan safari ke berbagai kabupaten/kota di Kalbar.
Kabupaten Kapuas Hulu, daerah pertama yang dikunjungi Cornelis. Kesempatan safari ke Bumi Uncak Kapuas itu, Cornelis melantik HM Sukri sebagai Sekda Kabupaten Kapuas Hulu.

Selanjutnya daerah yang akan dikunjungi orang nomor satu di Kalbar itu adalah Kabupaten Landak (31/8), selanjutnya, Kabupaten Sanggau, Kota Singkawang, Bengkayang, Ketapang, KKU dan KKR. Dalam kegiatan tersebut akan dirangkaikan dengan memberikan bantuan ke mesjid-mesjid.
Cornelis saat menggelar safari Ramadan sekaligus buka puasa bersama di rumah dinas Bupati Tambul Husin, Senin lalu mengatakan, dirinya menjamin bahwa Pemerintah Provinsi tidak akan melakukan tindakan protektif terhadap dakwah-dakwah yang disampaikan ustadz maupun kiai dalam acara keagamaan di mesjid dengan melibatkan pihak kepolisian. Ia yakin bahwa masyarakat Kalbar tidak mudah terprovokasi atau terhasut oleh kelompok tertentu.
Selain Tambul Husin, hadir Wakil Bupati Yosehp Alexander, Kapolres, Dandim 1206/PSB, Kajari, Ketua Pengadilan, Danyon 644/WS, kepala dinas, badan dan kantor di lingkungan Pemkab Kapuas Hulu.
Kesempatan itu, Cornelis juga memberikan bantuan kepada sejumlah mesjid, kelompok tani (poktan), panti asuhan dan Karang Taruna. Seperti Poktan penangkar bibit “Karya Bersama”, Kedamin Hulu, Kecamatan Putussibau Selatan mendapat bantuan berupa 1000 batang bibit karet dan tujuh buah pisau okulasi, Poktan “Banin Jaya 3 B” Kelurahan Kedamin Hulu, Kecamatan Putussibau Selatan mendapatkan satu buah power tresser, Poktan “Santosa Bersatu” Kelurahan Kedamin Hulu, Kecamatan Putussibau Selatan berupa satu buah hand tracktor, Poktan “Usaha Bersama” Desa Teluk Sindur, Kecamatan Bika berupa satu paket benih sayuran dan satu buah hand spayer dan terakhir Poktan ”Alena” Kecamatan Seberuang berupa satu hand tracktor.
Untuk bantuan Poktan ini, Tambul Husin didaulat untuk mewakili menerima bantuan tersebut.
Sementara mesjid yang mendapat bantuan, seperti Mesjid Darussalam, Kecamatan Putussibau Selatan berupa uang tunai Rp5 juta, satu paket sajadah, dan satu paket Al Quran. Bantuan diterima H Mujani. Sedangkan untuk Mesjid Nurul Iman, Kecamatan Putussibau Utara berupa uang tunai Rp5 juta dan satu paket net bolavoli yang diterima Ade Abdurahman. Mesjid Al Kautsar, Dusun Sukamaju, Kecamatan Selimbau mendapat bantuan berupa uang tunai sebesar Rp5 juta dan diterima oleh Zakaria.
Sedangkan bantuan Gubernur Kalbar untuk Panti Asuhan Al Jihad Hulu Gurung, Kecamatan Hulu Gurung berupa satu set computer dan generator. Bantuan ini diterima Camat Hulu Gurung. Dan terakhir bantuan untuk Karang Taruna, Pala Pulau berupa bolavoli dan bolakaki.
Kesempatan buka puasa bersama itu, menurut Tambul Husin merupakan kegiatan rutinitas yang dilakukan masyarakat muslim. Mewakili masyarakatnya, Tambul minta adanya tindakan proaktif Pemprov untuk menekan harga-harga sembako yang kini mulai merangkak naik.
Tidak hanya itu, Tambul juga menjelaskan bahwa kondisi listrik beberapa hari terakhir ini mengalami gangguan. Hal ini nantinya akan berdampak besar bagi pembangunan daerah, terutama yang menyangkut kepentingan investasi. ”Sebab calon investor rata-rata menanyakan kapasitas listrik yang ada, bila tidak memadai, mereka juga tidak bisa masuk,” kata Tambul lagi.(Yulan Mirza/Hentakun)

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger