Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Selasa, 27 Oktober 2009

Pawai Takbir Dilepas dari Istana Rakyat


MERIAM KARBIT
Gubernur Cornelis menyulut satu dari lima meriam karbit yang dipasang di halaman istana rakyat, Jalan A Yani saat melepas pawai takbir menyambut hari raya Idul Fitri 1430 H. FOTO Humasprov


Pontianak (BORNEO TRIBUNE)--Sejak azan magrib berkumandang di hari Sabtu (19/9) kaum muslimin dan muslimat menikmati buka puasa terakhir dan dilanjutkan dengan takbir tahlil dan tahmid. Begitupula suasananya di Pendopo Gubernur Kalbar di kawasan jalan Ahmad Yani Pontianak.

Dalam suasana kemenangan setelah menjalankan ibadah puasa Ramadan sekaligus menyambut hari raya Idul Fitri 1430 Hijriyah, Forum Gema Takbir Kalimantan Barat dan Harian Borneo Tribune menggelar Pawai Takbir dan Parade Bedug dengan melintasi sejumlah ruas jalan di Kota Pontianak.
Mereka selain melantunkan lafal takbir, tahlil dan tahmid, juga diwarnai penyulutan meriam karbit serta permainan alat musik perkusi.
Suatu inovasi yang menggabungkan suara letupan meriam dengan tetabuhan bedug dan alat-alat musik modern. Ditambah lagi dengan lima buah meriam yang dipasang di halaman istana rakyat sekaligus rumah dinas Gubernur Kalbar menjadikan acara yang digelar begitu memukau para undangan maupun warga yang memadati lokasi.
Ditemui Antara di sela acara, Ketua Forum Pawai Takbir dan Parade Bedug Kalbar, M. Syafrani mengatakan, kegiatan yang digelar selain menyemarakkan malam lebaran dengan tradisi masyarakat dan juga bagian dari syi`ar Islam, juga bertujuan memberikan hiburan bagi masyarakat, khususnya kaum muslimin setelah berhasil menjalankan rukun Islam yang kelima.
Di tempat yang sama, saat melepas parade bedug, Gubernur Cornelis meminta para peserta mengikuti aturan yang berlaku dan tetap menjaga keamanan dan ketertiban. Cornelis juga berpesan kepada panitia agar dapat memfasilitasi kegiatan ini secara maksimal, sesuai standar pelayanan.
Seusai salat Isya, parade kendaraan dilepas dan masing-masing peserta menggemakan suara takbir di sepanjang jalan yang dilewati.
Mengambil "start" dari Pendopo Gubernur, ratusan warga pun terus mengikuti arak-arakan kendaraan hingga finis di GOR Pangsuma.
Di samping keindahan asesoris kendaraan, kekompakan para kru pengiring serta keserasian melantunkan takbir merupakan kriteria yang mendapat penilaian dari para juri, dan peserta yang meraih nilai tertinggi diumumkan di puncak acara, untuk selanjutnya menerima hadiah dari panitia penyelenggara.
Wali Kota Pontianak Sutarmidji yang memberikan kata sambutan sebelum Gubernur Cornelis di Pendopo mengatakan, acara Pawai Takbir akan diagendakan setiap tahun untuk menambah semarak bulan suci Ramadan di Kota Pontianak. “Kita harapkan tahun depan acara ini dapat dikemas lebih sempurna. Pawai Takbir akan masuk dalam agenda pariwisata Kota Pontianak,” ungkapnya.
Selain kendaraan roda empat, Harley Davidson juga menyemarakkan Pawai Takbir, serta nyentrik dengan kuda dan delman pilik Pordasi Kalbar.
Sementara itu, Ketua Badan Amil Zakat, Infaq, dan Sedekah (Bazis) Kalbar, Rasmi Sattar menyampaikan jumlah penerimaan zakat fitrah dan sedekah menembus angka Rp1 miliar. “Terjadi peningkatan melebihi Rp100 juta dari tahun lalu,” ungkapnya.(Hentakun)

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger