Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Selasa, 27 Oktober 2009

Hand Washing Day

Pontianak (BORNEO TRIBUNE)--Cuci tangan pakai sabun (hand washing day), sekarang sudah jadi agenda internasional. Ini dibuktikan dengan peringatan gerakan cuci tangan pakai sabun yang ditetapkan PBB setiap 15 Oktober.
”Hal ini menjadi agenda utama internasional untuk meningkatkan kebiasaan hidup bersih dan sehat,” kata ketua tim penggerak PKK Provinsi Kalbar, Ny. Frederika Cornelis di Pontianak, Jumat (9/10).

Menurutnya, untuk provinsi Kalbar akan dipusatkan di Ngabang ibukota Kabupaten Landak tanggal 15 Oktober mendatang. Ia mengharapkan juga kabupaten/kota lainnya di Kalbar supaya turut mensukseskan program WHO ini secara serempak pada tanggal tersebut.
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar M. Subuh yang dihubungi terpisah mengungkapkan, di Indonesia tanggal 15 Oktober jam 10 pagi serempak akan dilakukan gerakan cuci tangan, dan Kalbar dipusatkan di Ngabang, Kabupaten Landak.
Ia berharap, gerakan sederhana itu nanti bisa memberikan pemahaman terhadap masyarakat akan pentingnya cuci tangan pakai sabun. Selain itu dengan cuci tangan pakai sabun diharapkan juga bisa mencegah terjadinya diare dan pneumonia.
“Berdasarkan data yang ada dengan cuci tangan yang benar bisa mencegah penyakit diare 85 persen mencegah kecacingan 70 persen, mencegah H1N1 90 persen, artinya perlu sosialisasi dan budayakan, cuci tangan yang baik dan benar,” terang Subuh.
Menurutnya, cuci tangan pakai sabun atau cairan yang bisa mematikan kuman di bawah air mengalir bukan di kobokan. Yang paling penting lagi bahwa ssering bercuci tangan cuci tangan sebelum menyentuh makanan apapun.(Hentakun)

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger