Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Selasa, 27 Oktober 2009

Gubernur Ingatkan Eksekutif-Legislatif Akur


Singkawang (BORNEO TRIBUNE)--Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mengingatkan eksekutif dan legislatif Kota Singkawang dapat bekerja sama dengan baik dalam melaksanakan fungsi sebagai pemerintahan daerah.
"Kalau Dewan `kelahi` dengan Wali Kota, kapan mau membangun," kata Cornelis saat pelantikan anggota DPRD Kota Singkawang periode 2009 - 2014 di Singkawang, Rabu (16/9).

Menurut dia, Singkawang merupakan daerah otonom baru yang mulai dievaluasi pada 2010.
"Singkawang baru 10 tahun, kalau dianggap tidak layak, bisa digabung lagi dengan Kabupaten Bengkayang," kata dia.
Ia menambahkan, susunan dan kedudukan DPRD dengan DPR RI berbeda. DPRD dan Wali Kota merupakan bagian dari pemerintahan daerah.
Penyelesaian berbagai persoalan harus dilakukan secara proporsional. "Kalau gunakan hak sebagai anggota Dewan, karena persoalan yang tidak perlu, lalu menggunakan upaya interpelasi. Cukup selesaikan melalui rapat kerja," katanya.
Prinsip kehati-hatian dalam menggunakan keuangan negara, menjadi modal penting bagi kalangan Dewan.
"Jangan mengajukan anggaran yang tidak masuk akal, misalnya perjalanan dinas untuk 450 hari," kata Cornelis.
Ketua Sementara DPRD Singkawang Thjai Tjui Mie mengatakan legislatif dan eksekutif merupakan aparatur yang tidak terpisahkan.
Ia menambahkan, kedua belah pihak telah berusaha untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Singkawang.
"Namun tanpa partisipasi pihak lain seperti LSM, kelompok masyarakat serta media massa, tidak akan terwujud," kata legislator wanita dari Partai Perjuangan Indonesia Baru tersebut.
Di masa mendatang, Dewan akan membantu komunikasi secara teratur dan implementasi secara komplit sehingga dapat mewujudkan rasa tanggung jawab bersama dalam menyelesaikan masalah.
Partai Perjuangan Indonesia Baru mendapat empat kursi dan akan menempatkan wakilnya untuk menjadi Ketua DPRD. Periode sebelumnya PDI Perjuangan yang menjadi Ketua.
Tiga partai yakni Golkar, Demokrat dan PDI Perjuangan masing-masing mendapat tiga kursi.
Partai Amanat Nasional, Partai Karya Perjuangan dan Gerakan Indonesia Raya masing-masing mendapat dua kursi.
Partai Persatuan Pembangunan, Hati Nurani Rakyat, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai Persatuan Daerah masing-masing satu kursi.
Mantan Wali Kota Singkawang periode 2002-2007 Awang Ischak ikut menjadi salah satu calon terpilih yang akan dilantik. Ia maju melalui Partai Persatuan Daerah.
Alokasi 25 kursi untuk DPRD Kota Singkawang sesuai kuota berdasarkan jumlah penduduk dengan kisaran 100 ribu - 200 ribu jiwa. Jumlah penduduk Kota Singkawang sebelum pelaksanaan Pemilu 2009 sebanyak 194 ribu jiwa.(Antara)

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger