Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Selasa, 27 Oktober 2009

Delapan Daerah Belum Punya Tata Ruang

Pontianak (BORNEO TRIBUNE)--Kebijakan penataan ruang suatu kawasan yang telah ditetapkan untuk mengarahkan perkembangan di berbagai sektor belum sepenuhnya ditegakkan. Akibatnya bentuk pengawasan dan pengendalian pemanfaatan ruang, sering terjadi pengabaian terhadap fungsi ruang yang ditetapkan.
Demikian dikatakan Sekretaris Daerah Kalbar, Syakirman dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Assisten II bidang ekonomi pembangunan Maryadi, ketika membuka rapat fasilitasi pengembangan kelembagaan penataan ruang provinsi Kalbar, di Pontianak, Kamis (8/10).

Kenyataan bahwa pesatnya perkembangan sektor pembangunan saat ini masih belum diimbangi kebijakan penataan ruangnya. Sehingga optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan sumber daya secara berkelanjutan tidak merata dirasakan penduduk seluruh wilayah.
Bappeda Kalbar mencatat, dari 12 kabupaten dan dua kota di Kalbar, yang telah membentuk badan koordinasi penataan ruang daerah (BKPRD) baru KKU, Ketapang, Bengkayang dan Kota Pontianak.
Hal ini disebabkan belum jelasnya peran mekanisme BKPRD dalam memberikan rekomendasi kebijakan penataan ruang daerah, sosialisasi BKPRD kurang, begitu juga dengan apresiasi terhadap keberadaan, peran, fungsi dan tanggung jawab BKPRD.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kalbar, Jakius Sinyor mengatakan persoalan dalam penataan ruang umumnya muncul karena adanya ketidaksesuaian antara kepentingan dan kewenangan.
“Ada potensi persoalan bila kepentingan suatu wilayah pemerintahan ternyata berada di bawah kewenangan pihak lain, sehingga diperlukan institusi kelembagaan bidang tata ruang,” kata Jakius.
BKPRD Provinsi Kalbar sebagai institusi pemerintah diharapkan mampu menyelenggarakan koordinasi agar kabupaten kota bisa merumuskan kebijakan tata ruang.
Hingga saat ini masih ada delapan kabupaten/kota yang belum memiliki tata ruang. ”Agar ada sinkronikasi dalam pembangunan dan pemanfaat sektor pembangunan itu sendiri, maka perlu koordinasi yang jelas mengenai tata ruang tersebut,” kata Jakius lagi. (Hentakun)

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger