Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Selasa, 27 Oktober 2009

Cornelis Terima Penghargaan Presiden


Samarinda (BORNEO TRIBUNE)--Gubernur Kalbar, Cornelis, sejak Selasa kemarin telah bertolak ke Samarinda Kaltim. Kehadiran Cornelis di Bumi Etam tersebut disamping menghadiri acara puncak peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-62 juga secara khusus menerima anugerah penghargaan Satyalancana Pembangunan Bidang Koperasi dan UMKM dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Pak Gubernur, didampingi Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Menengah dan kecil Provinsi Kalbar, Herry Jaoung, dan rombongan berangkat menuju Samarinda Kaltim dengan pesawat Garuda transit via Jakarta–Balikpapan guna menghadiri acara puncak Harkopnas yang dipusatkan di Samarinda,” ungkap Kabag Humas dan Protokol Setda Provinsi Kalbar, J Namsuan Matsun.
Sebetulnya, acara puncak peringatan Harkopnas di Stadion Madya Sempaja itu sendiri akan dibuka Presiden RI, Senin (13/7) lalu, namun terpaksa diundur hingga Rabu (15/7). Pengunduran jadwal tersebut karena kesibukan rutin SBY selaku Presiden RI. “Tapi tak apa-apa, artinya persiapan menjadi semakin matang,” ungkap Kabag Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim, Zairin Zaim ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin (13/7).
Kedatangan Presiden ditunda terkait pemilihan presiden “informasi yang kami terima dari Setneg seperti itu. Kami baru terima surat tertulisnya Sabtu malam,” ungkap Zairin.
Peringatan Harkopnas ke-62 akan berlangsung selama 3 hari dipastikan berlangsung semarak. Tidak kurang dari 300 stand akan memamerkan produk unggulan daerah dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari seluruh Indonesia termasuk Kalbar. Pameran dibagi dua kelompok yakni Harkopnas Expo 2009 dan Pasar Rakyat. Stand Harkopnas akan menampilkan produk unggulan masing-masing daerah dari seluruh Indonesia. Sedangkan Pasar Rakyat hanya melibatkan pengusaha UMKM lokal.
Menurut Baihaqi, Panitia dari Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kaltim di Harkopnas Expo ada 152 stand dan pasar rakyat menghimpun 158 stand. Jumlah pendukung yang membantu acara ini tidak kurang dari 3.000 orang. Belum lagi undangan dari berbagai provinsi. Diperkirakan jumlah yang hadir akan mencapai 10 ribu pengunjung.
Tenda kehormatan bentuknya memanjang berukuran 12x24 meter tanpa tiang tengah sudah terpasang megah. Nantinya tenda inilah yang akan menahan sinar matahari yang mengenai Presiden RI. Selain itu disiapkan pula tenda undangan, tenda massa, dan tenda artis. Untuk tenda artis dan undangan berukuran 12x40 meter. Usai membuka puncak Peringatan Harkopnas ke-62 Presiden RI juga akan melakukan peresmian secara simbolis Jembatan Mahulu dan PLTG Sambera, di Stadion Madya Sempaja, papar Baihaqi.
Harkopnas ini diikuti 3.000 undangan dari seluruh Indonesia dan tamu luar negeri. Selain itu, serangkaian kegiatan lain digelar Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin). Seperti kegiatan pasar rakyat, bakti sosial dan jalan sehat.
Menurut Herry Jaong, selain Gubernur Kalbar, dua Koperasi Kalbar juga akan mendapat anugerah penghargaan dari Presiden RI. Pada Harkopnas Expo 2009 ini berbagai produk kerjainan Kalbar turut dipamerkan di ajang ini. Melalui ajang pameran ini diharapkan berbagai produk Kalbar dapat lebih dikenal di tingkat Nasional dan Internasional.
Disamping itu pula merangsang Koperasi dan pengusaha UMKM Kalbar agar lebih meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam meningkatkan produk kerajinanya. “Menciptakan produk dengan sentuhan kreativitas dan inovasi akan memberikan nilai tambah terhadap produk itu sendiri,” pungkasnya. (Citra/Humas Pemprov Kalbar).

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger