Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Selasa, 27 Oktober 2009

Cornelis: Kalbar Dukung Presiden Terpilih

Pontianak (BORNEO TRIBUNE)--Gubernur Kalbar Cornelis kembali menunjukkan sikap kenegarawanannya. Selain mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Kalbar yang telah memilih pemimpin bangsa secara demokratis, aman, dan tertib, ia juga menyampaikan ucapan selamat kepada pemenang pemilu presiden 8 Juli lalu.
Dalam konferensi pers yang digelar di kediaman pribadinya di kawasan Jalan Danau Sentarum Pontianak, Kamis (9/7), Cornelis mengucapkan selamat kepada siapapun pemenang pemilu presiden dan wakil presiden.

“Saya, atas nama Gubernur Kalbar dan juga penanggung jawab tim kampanye Megawati-Prabowo Kalbar mengucapkan selamat kepada siapapun pemenang pilpres tahun ini. Kalau Pak SBY menang, saya juga ucapkan selamat,” kata Cornelis kepada sejumlah wartawan di Pontianak.
Ia mengakui kekalahan timnya dalam pertarungan pilpres kali ini disebabkan banyak faktor. Di antaranya soal figur dan lemahnya sosialisasi kampanye di media cetak maupun elektronik.
Menurutnya, jika pasangan SBY-Boediono keluar sebagai pemenang, itu merupakan hal yang wajar. “Saya kira tidak ada kejutan. Toh, Pak SBY memang didukung banyak partai. Jadi, tim saya kalah. saya terima sajalah kekalahan itu, sebab sampai hari ini juga belum ada laporan kecurangan yang masuk,” ucapnya.
Terkait adanya indikasi kecurangan dalam hitungan nasional, ia minta agar diselesaikan secara hukum.
“Sebagai tim kampanye, saya tentu kecewa dengan perolehan suara yang kecil di Kalbar. Paling tinggi kami hanya kebagian 30 persen saja. Tapi kita tak harus larut dengan kekecewaan itu,” jelasnya.
Ia juga minta agar seluruh warga Kalbar tetap mendukung pemerintahan terpilih agar roda pembangunan dapat berjalan dengan baik. “Biarkan proses demokrasi ini berjalan apa adanya. Kita dukung siapa yang terpilih,” tegasnya.

Unggul di Sanggau
Dari 980 atau 92,72% TPS (tempat pemungutan suara) yang sudah melapor dari 1.057 TPS yang ada, sebanyak 221.848 (77,88 %) suara yang telah masuk, dari 284.847 suara dalam daftar pemilih tetap (DPT). Pasangan nomor urut 1 Megawati-Prabowo memperoleh 122.815 suara atau 55,36 persen, pasangan nomor urut 2 SBY-Budiono meraup 87.902 suara atau 39,62 persen dan pasangan nomor urut 3 JK-Wiranto peroleh 11.131 suara atau 5,02 persen .
Perhitungan tersebut diperoleh dari perhitungan cepat Tim Koordinasi Dukungan Eksekutif (Tim Kor Desk) Pilpres Kabupaten Sanggau, hingga sekitar pukul 15.00 Wib kemarin, untuk sementara pasangan Megawati-Prabowo mengungguli pasangan capres lain.
Dari 15 kecamatan tercatat sudah ada 12 kecamatan yang perhitungannya selesai. Yakni terdiri dari Kecamatan Mukok, Meliau, Parindu, Bonti, Jangkang, Kembayan, Beduai, Sekayam, Noyan, Tayan Hulu, Toba dan Balai Batang Tarang. Sedangkan tiga kecamatan yang belum selesai perhitungannya adalah Kapuas, Entikong, dan Tayan Hilir. Namun diperkirakan hingga malam kemarin, perhitungan dari kecamatan yang tersisa akan kelar. Namun jika sampai malam belum juga rampung, maka akan dilanjutkan pada hari ini.
Karena seperti di Kecamatan Kapuas dari 211 TPS yang sudah lapor sebanyak 182. Kecamatan Entikong dari 33 TPS yang sudah lapor sebanyak 25 TPS. Kecamatan Tayan Hilir dari 81 TPS yang sudah lapor sebanyak 41 TPS.
Sementara itu Irenius Nius, Ketua Tim Desk Kabupaten Sanggau sebelumnya mengatakan, bahwa data ini sifatnya adalah masih sementara, dan validitas data menunggu sidang pleno KPUD Kabupaten Sanggau.
“Data yang resmi adalah data yang dikeluarkan oleh KPU melalui rapat pleno perhitungannya, bukan yang dikeluarkan oleh lembaga survey atau sejenisnya. Sedangkan data hasil perhitungan sementara Tim Desk tidak boleh dijadikan sebagai acuan,” tegasnya.(Abdul Khoir)

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger