Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Selasa, 27 Oktober 2009

55 Anggota DPRD Provinsi Dilantik

Pontianak (BORNEO TRIBUNE)--Sebanyak 55 orang anggota DPRD Kalimantan Barat hasil pemilu legislative April 2009 lalu dilantik Senin (28/9) pagi ini. Sekretaris DPRD Kalbar, Bambang S. Soerachmat yang dihubungi Minggu sore kemarin mengatakan persiapan sudah mencapai 100 persen.
“Persiapan hingga sore ini sudah seratus persen. Mulai dari tata naskah, konsep pidato ketua DPRD, dan ruangan sudah seluruhnya siap,” kata Bambang.

Ruangan sidang di Balairung Sari DPRD Kalbar akan disterilisasi pada Minggu sore. Untuk mengantisipasi pengamanan satuan Brimob dari Polda Kalbar akan disiagakan menjaga Gedung DPRD Kalbar mulai Minggu malam.
Bahkan menurut Bambang sebanyak 1.300 lebih personil Kepolisian akan mengamankan jalannya prosesi pengambilan sumpah janji anggota DPRD masa bakti 2009-2014 ini.
“Informasi yang saya dapatkan untuk pengamanan, kepolisian akan menurunkan sebanyak 1.300 personil lebih. Dari Poltabes sekitar 700 personil dan sisanya 400 lebih dari Polda Kalbar,” jelas dia.
Selain pengamanan dari personel kepolisian, alat pendeteksi logam juga akan dihadirkan sebagai antisipasi keamanan. Setiap tamu undangan yang masuk mesti melewati alat tersebut selain menunjukkan undangan.
Bambang mengatakan sebanyak 550 undangan telah disebarkan. Terdiri dari unsure pimpinan SKPD, Muspida, Konsulat Malaysia, tokoh masyarakat, mantan-mantan pmpinan DPRD, para mantan Sekretaris DPRD, Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten/Kota seluruh Kalbar.
Seluruh undangan dipastikan akan menghadiri acara pelantikan ini, kecuali Bupati dan Ketua DPRD Landak dan Sanggau yang tidak akan datang. Karena juga akan melakukan prosesi yang sama yakni pelantikan anggota DPRD masing-masing Kabupaten.
Prosesi pengambilan sumpah janji serta pelantikan ini akan dilaksanakan dalam rapat paripurna terbuka DPRD Kalbar yang dimulai pukul 09.00 wib. Ketua DPRD Kalbar masa bakti 2004-2009, Zulfadhli akan memimpin jalannya sidang hingga pelantikan. Setelah itu rapat paripurna akan dilanjutkan oleh ketua dan wakil ketua pimpinan sidang sementara.
“Setelah pimpinan diserahkan ke pimpinan sidang sementara, Ketua DPRD Kalbar sebagai pimpinan sidang lama akan duduk pada jajaran muspida. sidang dilanjutkan oleh pimpinan sementara Bapak M. Kebing L dari PDIP dan Ibu Hadiah Suaka dari partai Golkar. Pada prosesi tersebut pimpinan sementara akan membacakan pidato pertamanya,” jelas Bambang.
Gubernur Kalbar, Cornelis dipastikan hadir dalam acara pelantikan ini. Sedangkan pengambilan sumpah janji anggota DPRD Kalbar masa bakti 2009-2014 akan dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi Kalbar, IB. Ngurah Samya. Usai pelantikan akan dilaksanakan acara ramah tamah sekaligus halal bi halal.
Dari 55 anggota DPRD Kalbar yang baru tersebut, enam diantaranya wajah lama. Mereka adalah anggota DPRD Kalbar periode 2004-2009 yang terpilih kembali. Yaitu Awang Sofian Rozali dan Mulyadi Yamin dari Golkar, Setyo Gunawan dan Bonafatius Benny dari Demokrat, Toni Kurniadi dari PAN dan terakhir Suprianto dari PDS.
Kabid Humas Polda Kalbar, Suhadi yang dikonfirmasi mengatakan aparat kepolisian sudah menyiapkan pasukan untuk mengamankan pelantikan anggota DPRD Kalbar. “Pengamanan pelantikan akan menjadi tanggung jawab Poltabes Pontianak. Sementara Polda Kalbar hanya memback-up pengamanan yang dilakukan Poltabes Pontianak,“ ujarnya.
Dikatakan Suhadi sampai hari kemarin belum ada pihak-pihak yang melapor ke kepolisian bahwa akan menggelar demontrasi saat pelantikan, sehingga belum bisa dipastikan ada demo atau tidak, jika ada demo tanpa ijin di bubarkan. Sesuai UU yang berlaku jika ada pihak yang berdemontrasi tanpa melapor pada aparat kepolisian berarti illegal dan aparat kepolisian berhak membubarkan demontrasi tersebut.
“Jika ada masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasinya melalui demonstrasi saat pelantikan anggota DPRD Kalbar harus segera melapor ke kepolisian,kalau tidak mau dibubarkan saat demo” tegasnya.(Rizky Wahyuni/Tantra)

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger