Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Kamis, 01 Januari 2009

Pesta Bersama Rakyat di Pendopo


KEMBANG API
Ribuan orang memadati pendopo Gubernur Kalbar menyaksikan atraksi Kembang api yang dilakukan selama dua jam Rabu (31/12). Atraksi ini dilakukan untuk menghibur masyarakat dalam acara pergantian tahun dari 2008 ke 2009. FOTO Lukas B Wijanarko
================

Andry
Borneo Tribune, Pontianak

Suasana jelang pergantian tahun baru 2009 di Pendopo Gubernur terlihat berbeda dari tahun sebelumnya. Langit di atas pendopo begitu indah bermandikan cahaya kembang api yang memancarkan sejuta warna-warni nan indah.

Letupan dan percikan kembang api semakin menambah indahnya pergantian malam tahun baru 2009. Ribuan masyarakat yang tumpah ruah memadati bahu jalan protokol Ahmad Yani dan pelataran pendopo seakan takjub menyaksikan pertunjukan itu. Suka ria pun menyertai mereka dimalam penghujung tahun itu.
Malam itu merupakan malam pesta rakyat penuh keceriaan tanpa sekat. Semua orang berkumpul di sana. Mulai dari yang tua, muda, kecil, besar, perempuan maupun lelaki bebas hilir mudik memasuki Pendopo Gubernur yang terletak di Jalan A. Yani.
Jalan Ahmad Yani yang merupakan salah satu jalan protokol di Kota Pontianak malam itu terlihat sangat padat. Bahkan kendaraan yang melintasinya harus rela berjalan dengan cara merayap alias hanya berkecepatan sekitar 5 sampai 10 kilometer per-jam.
Gubernur Cornelis beserta istri tercinta Frederika Cornelis terlihat sangat ramah dan bersahaja dengan para tetamunya yang berasal dari semua kalangan malam itu. Mulai dari para pejabat hingga rakyat biasa disambut dengan hangat oleh orang nomor satu di Kalimantan Barat tanpa perbedaan. Ternyata Cornelis merupakan sosok pemimpin yang sederhana yang apa adanya serta akrab dengan rakyatnya.
Cornelis berserta istri tidak canggung ataupun sungkan malam itu. Satu persatu masyarakat yang berada dekatnya lantas dihampiri dan disalaminya. Tak jarang mantan Bupati Landak itu terlihat berbincang hangat sembari bersenda gurau dengan rakyatnya. ”Pendopo ini dibangun dari uang mereka (masyarakat Kalimantan Barat). Dan siapa saja boleh ke sini. Karena ini rumah rakyat, siapa saja boleh ke sini. Kenapa jadi tidak boleh?!,” ujar Gubernur Cornelis ketika berbincang-bincang dengan saya.
Gubernur dan istri tercinta juga bukan orang yang manja. Mereka tidak suka asal perintah saja. Malam itu kedua mantan kekasih itu terlihat kompak membakar ikan di pelataran pendopo. Sang istri terlihat giat membalikkan ikan seraya mengawasi agar tidak hangus. Sedangkan sang suami dengan setia mengipaskan api dengan nyiru yang terbuat dari padan agar ikan yang dibakar menjadi matang secara sempurna. Keceriaan dan kesederhaan dari orang nomor satu di Kalbar itu pun kian terasa.
Sementara itu, langit di atas Pendopo Gubernur terus bermandikan cahaya dari percikkan kembang api yang sangat indah. Suasana itu tambah meriah dengan bunyi-bunyian terompet tahun baru yang sekan menggema di seantero Pendopo. Malam itu sungguh indah dengan bertabur keceriaan. Semua orang bersuka ria menyambut pergantian tahun 2009.
”Tiuuu... crak-crak-crak...”
”Tiuuu... crak-crak-crak...,” suara kembang api yang dilontarkan ke langit seraya memandikan langit dengan cahaya yang indah.
Seakan tak mau kalah. Bunyi terompet tahun baru pun menyertai percikan kembang api yang indah menghiasi langit malam itu. ”Peeettt.... Poottt ... Tooottt,” suara terompet tahun baru.
Gubernur Cornelis ingin dimalam penghujung tahun 2008 dan memasuki tahun 2009 disambut dengan kegembiraan bersama masyarakat Kalimantan Barat. ”Saya ingin malam ini menjadi pesta kita bersama. Pesta bersama rakyat Kalimantan Barat menyambut tahun baru 2009. Selamat tahun baru 2009,” ujarnya sembari tersenyum.
Tidak lupa Frederika Cornelis pun mengucapkan selamat tahun baru 2009 kepada semua masyarakat Kalimantan Barat. ”Selamat tahun baru 2009 ya,” katanya sembari tersenyum.

1 komentar:

United States Of All-Borneo mengatakan...

Selamat Tahun Baru Dato

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger