Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Jumat, 12 Desember 2008

Gubernur Serahkan Hewan Kurban

Berkurban dengan memotong hewan, membagikannya kepada mereka yang berhak, sungguh suatu ajaran Islam yang sarat dengan makna, bahwa pribadi Muslim senantiasa memupuk moral agar selalu berbuat demi kemaslahatan umat.

Semangat berkurban pada Hari Raya Iduladha bertepatan 10 Zulhijjah 1429 H, selayaknya ditularkan pada masa lainnya, karena semangat berkurban tersebut merupakan cermin kepedulian seorang Muslim terhadap kemaslahatan umat, dan dituntut tertanam di hati setiap mukmin.
Bagi seorang yang diberi rizki dan cukup untuk melaksanakan kurban, kepadanya disarankan untuk menyembelih hewan kurban, dan daging-dagingnya dibagikan ke fakir miskin dan kaum dua’afa, dengan harapan terpupuk nilai-nilai persaudaraan sesama Muslim tersebut.
Namun perlu dihayati bahwa berkurban itu tidak hanya ketika menyambut datangnya Hari Raya Kurban saja, seseorang yang ingin selalu dekat dengan Tuhan harus senantiasa berkurban setiap waktu, di setiap tempat dan keadaan.
Demikian makna kurban yang disampaikan H. Hadari. H. Majri dalam kutbahnya ketika menjadi Khotib pada Shalat Iduladha di halaman depan Kantor Gubernur Kalbar, Senin (8/12). Pada kesempatan itu H. Hadari menyerukan kepada umat Muslim khususnya di Kalbar agar mengkumandangkan panggilan haji kepada manusia untuk melaksanakannya.
Mengingat pemberdayaan umat Islam dalam segala aspek bidang kehidupan seperti aspek sosial, eknomi, politik lebih terasa lemah dan kurang merata. ”Masih banyak umat kita hidup berkalang tanah hidup dalam tapal dua’afa. Sehingga perlu dimulainya pemberdayaan potensi ini dengan memperkuat landasan kerjasama yang jujur, adil dan saling mengisi,” katanya.
Hadari juga mengajak umat untuk selalu bersyukur yang diwujudkan dengan tidak ada hentinya untuk berbuat kebaikan, berlaku jujur. ”Orang yang bersyukur itu ditandai dengan sikap bila ia beriman, maka beriman dengan benar, bukan pura-pura, artinya mengaku beriman tetapi apa-apa yang diperintahkan Tuhan diabaikan, mengaku beriman tetapi tidak mau mengarahkan hidupnya menuju ke Taqwaan,” jelasnya.

Serahkan Hewan Kurban
Selesai menunaikan shalat, dilakukan penyerahan hewan kurban dari Gubernur Kalbar, Cornelis, Sekda Syakirman, BPKP, Bank Kalbar, Masjid Al Muthadin Untan, Masjid di Kantor Gubernur, yang diwakili Sekda Pemprov, Syakirman kepada KPMP (Komite Peduli Muslim Pedalaman).
Hewan kurban tersebut berupa sapi dan kambing sumbangan Pol PP. Selanjutnya hewan kurban tersebut akan diserahkan kepada warga Muslim yang dianggap tidak mampu. Penyerahan hewan tersebut dipusatkan di Masjid Jabal Nur, Pahauman Kabupaten Landak.□Hentakun/Borneo Tribune, Pontianak

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger