Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Jumat, 12 Desember 2008

Formasi CPNS Provinsi 354 Orang

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat pada 2008, kembali memberikan peluang bagi pencari kerja untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Dengan formasi 354 orang, meliputi 202 pelamar umum dan 152 tenaga honorer.

Hal itu diungkapkan Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Christiandy Sanjaya, saat menyampaikan pidato jawaban Eksekutif atas pandangan umum fraksi-faksi terhadap RAPBD 2009, di Gedung DPRD Kalimantan Barat, Kamis (20/11).
Kesempatan itu menjadi peluang emas, bagi mereka yang memiliki kompetensi sesuai dengan yang dibutuhkan. Karena di zaman yang serba sulit ini, PNS menjadi pilihan yang sangat menggiurkan. Tidak takut di PHK seperti di perusahaan-perusahaan swasta.
Di Kalimantan Barat perkembangan tenaga kerja dari tahun ke tahun menunjukkan angka yang signifikan, penduduk Kalbar kini mencapai 4.178.498 jiwa. Sementara itu angka angkatan kerja mencapai 2.143.823. Dari jumlah tersebut yang bekerja 2.005.027 orang sehingga terdapat jumlah pencari kerja 138.796 orang.
Itu disebabkan beberapa faktor seperti, pertumbuhan angkatan kerja yang tinggi. Kesempatan kerja masih rendah. Pendayagunaan tenaga kerja yang masih rendah. Tingkat pendidikan dan produktivitas tenaga kerja masih rendah. Penyebaran penduduk tidak merata. Ketidakseimbangan akibat kesenjangan informasi antara perusahaan pengguna tenaga kerja dan pencari kerja.
Sehingga masih banyak pengangguran terbuka di 14 kabupaten/kota di Kalbar. Dengan adanya lowongan kerja ini, memberikan harapan baru bagi masyarakat Kalimantan Barat.
”Kita sudah cukup lama menunggu formasi PNS ini,” ujar Alfonsiana.
Ia lulusan salah satu perguruan tinggi negeri di Pontianak. Menjadi PNS adalah cita-citanya sejak lama. Untuk itu, dalam PNS kali ini, kesempatan yang ada tidak akan disia-siakannya.
“Saya sudah berkali-kali mencoba. Tetapi gagal terus. Mudah-mudahan rekruitmen PNS tahun ini berjalan jujur,” katanya penuh harap.
Secara nasional, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara pada 2008 membuka lowongan untuk 300.000 PNS. Dari jumlah itu akan dialokasikan bagi 250 ribu formasi untuk pemerintahan provinsi dan kabupaten/kota, serta 50 ribu formasi untuk pemerintahan pusat.
Jumlah efektif yang akan dialokasikan untuk pelamar umum tahun ini, berjumlah 217.000 formasi karena 83.000 formasi dialokasikan untuk pemenuhan kebutuhan tenaga honorer di pusat dan daerah. Dari jumlah 83 ribu untuk honorer, dibagi lagi menjadi 17 ribu formasi untuk tenaga honorer di instansi pusat, dan 68 ribu formasi untuk tenaga honorer di daerah.
“Jumlah tenaga honorer yang kita terima 920.702 orang, sisanya yang belum diselesaikan 163.565. Tahun ini akan diselesaikan 83 ribu, tahun depan 83.565,’’ kata Menpan Taufik Efendi, seperti dilansir Kantor Berita Antara.□Herkulanus Agus/Borneo Tribune, Pontianak

1 komentar:

mbie_81@gmail.com mengatakan...

bapak Gubernur, untuk formasi thn 2009 kok blm di posting..??? klu bisa diposting juga donk pak..terima kasih..

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger