Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Jumat, 12 Desember 2008

Cornelis: Patung Naga, Bukti Keberagaman


Di mata Gubernur Cornelis, kontradiksi pembangunan patung naga di Kota Singkawang semestinya tidak perlu menjadi polemik dan diperdebatkan banyak pihak. Masyarakat Kalimantan Barat boleh membangun apa saja, sepanjang itu tidak mengganggu kepentingan umum dan mengganggu kepentingan mental bangsa.

“Mengapa naga itu harus dipersoalkan. Kalau mau bangun disini apapun boleh bangun kok. Yang penting jangan mengganggu kepentingan umum dan jangan mengganggu kepentingan mental bangsa,” kata Cornelis usai mengikuti sidang paripurna di gedung DPRD Kalbar, Selasa (9/12).
Kata Cornelis, hendaknya masyarakat Kalbar harus bisa membuktikan bahwa kehidupan masyarakat di Kalbar memang beranekaragam dalam bingkai heterogen. Sebut saja keanekaragaman suku, agama maupun adat istiadat serta kebudayaan yang ada di Kalbar. Kesemuanya itu memang dalam bingkai keberagaman.
“Buktikan bahwa kita ini memang beranekaragam. Dan semua diberikan kesempatan untuk hidup dan mengembangkan budayanya masing-masing. Tidak egois,” tegas Cornelis.
Gubernur juga menegaskan bahwa planet bumi dimana tempat manusia berpijak serta hidup sebagai mahluk sosial merupakan milik bersama. Oleh karenanya, masyarakat Kalbar diminta untuk saling menghargai dan saling menghormati antara kebudayaan yang satu dengan kebudayaan lainnya. “Bumi ini kan milik kita semua dan bukan milik perorangan,” tegas Cornelis.
Hal sama dikatakan, Sekjen Sekberkesda Provinsi Kalbar, Tarsisius Ifan Sabandap. Menurutnya, pembangunan patung naga tidak perlu dipertentangan, sebab itu merupakan apresiasi seni yang ada dan hidup di tengah-tengah masyarakat yang mejemuk.
Sementara itu, Kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalbar, Rihat Natsir Silalahi, menambahkan semestinya sebelum dilakukan proses pembangunan patung naga di Kota Singkawang, hendaknya perlu diadakan musyawarah terlebih dahulu antara masyarakat beserta Pemerintah Kota Singkawang. Sehingga masyarakat juga mempunyai rasa memiliki terhadap patung naga tersebut.□Andry/Borneo Tribune, Pontianak

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger