Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Jumat, 07 November 2008

Tebar, Tanam, Pelihara


Krisis pangan dan ancaman pemanasan global menjadi momok manusia di Abad 21. Segenap daya dan upaya dikerahkan untuk mengantisipasi bahaya yang mengancam kelangsungan hidup manusia ini. Kalbar mencatatkan diri sebagai daerah yang siap mengantisipasi krisis pangan dan pemanasan global.

Melalui gerakan tebar, tanam, dan pelihara yang dipelopori Tim Penggerak PKK Kalbar, Pemprov menargetkan penanaman sejuta batang pohon di seluruh penjuru Kalbar. Pelaksanaan kegiatan penanaman pohon secara simbolis dilakukan oleh gubernur beserta sejumlah pejabat pemprov, bupati dan walikota, Selasa (4/11). Ibu-ibu PKK yang sebagian besar merupakan istri bupati, walikota dan pejabat-pejabat daerah terlihat ambil bagian dalam kegiatan yang memiliki manfaat jangka panjang itu.
Diawali dengan kegiatan pelantikan pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalbar masa bhakti 2008-2013 di Balai Petitih. Gubernur bersama sejumlah pejabat daerah lainnya bertolak menuju kawasan Jembatan Kapuas II di Kabupaten Kubu Raya. Di lokasi yang telah dipersiapkan, Gubernur, Ny. Frederika, Bupati/Walikota bersama para istri masing memasukkan bermacam-macam pohon ke lubang yang telah digali. Bupati Kubu Raya, sebagai tuan rumah mendapat lobang paling depan diikuti bupati/walikota dan pejabat lainnya.
Usai menanam pohon tanjung, kepada wartawan peliput Gubernur menjelaskan maksud pelaksanaan gerakan tebar, tanam dan pelihara tersebut. Dengan nada bicara spontan dan cergas Gubernur Cornelis menjelaskan faedah penanaman pohon tersebut.
“Ini upaya kita agar bumi tidak makin panas. Supaya kita bisa wariskan bumi yang bagus untuk anak cucu kita,” kata Gubernur.
Pohon-pohon dan tanaman yang ditanam pada gerakan ini merupakan jenis tanaman yang termasuk produktif, sebagian merupakan jenis tanaman buah. Gubernur memiliki alas an tersendiri atas pilihan tersebut.
“Di Kalbar kita tanaman pangan untuk ganjal perut supaya tidak kelaparan rakyat kita,” ketanya jelas.
Frederika Cornelis, selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kalbar menyebut kegiatan tebar, tanam, pelihara ini merupakan salah satu program unggulan yang didukung oleh pemerintah pusat. Melalui Pokja III yang membidangi urusan pekarangan dan tanaman pangan, pihaknya akan melakukan pengawasan dan penyebaran bibit pohon ke sejumlah kabupaten dan kota.
“Kegiatan tebar, tanam dan pelihara ini untuk mendukung ketahanan pangan. Seperti penanaman sukun, kelapa dan tanaman sayur mayor lainnya akan mendorong upaya ketahanan pangan di Kalbar,” kata Frederika.
Bupati Kabupaten Kubu Raya, Kamaruzzaman mengakui program ini memiliki manfaat besar untuk menghijaukan kembali daerah yang mulai terancam kritis. Selama masa pemerintahannya yang belum genap setahun pihaknya telah menanam lebih dari 3000 pucuk pohon.
“Kita menanam pohon yang sesuai dengan kondisi lahan dan struktur tanah yang ada. Target kita akhir Desember ini akan kita tanam setidaknya lima ribu pohon di seluruh wilayah Kubu Raya,” ungkap Penjabat Bupati ini.
Kepala Dinas Pertanian, Hazairin menyebut rencana Pemprov menanam tak kurang dari satu juta pohon di Kalbar. Dinas Pertanian sendiri dalam program ini menymbang 15 ribu batang pohon ke sejumlah daerah.
Tak berhenti di satu titik, gerakan tebar, tanam dan pelihara pohon yang dimotori PKK juga dilakukan di tempak lain. Di lokasi Sekolah Terpadu, di Kawasan Parit Mayor rombongan Gubernur sempat melakukan penanaman pohon secara simbolis.□Budi Rahman/Borneo Tribune, Pontianak

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger