Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Jumat, 07 November 2008

Gubernur Ikut Mengayuh Sepeda


Peluh masih membasahi wajah Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis, sewaktu meladeni pertanyaan sejumlah wartawan di Taman Alun Kapuas, Minggu pagi.

Cornelis bersama sekitar 1.700 orang dari berbagai kalangan dan daerah di Kalbar mengikuti kegiatan sepeda santai untuk memperingati Sumpah Pemuda yang digelar Taruna Merah Putih.
Jarak yang ditempuh lumayan jauh, sekitar 10 kilometer dengan menyusuri jalan-jalan utama di Kota Pontianak. "Sudah lama tidak bersepeda," kata Cornelis.
Menurut dia, bersepeda sangat relevan dalam kaitan dengan isu pemanasan global, diantaranya menjaga lingkungan dari asap kendaraan. Selain itu, dapat menghemat bahan bakar minyak mengingat fluktuasi harga minyak mentah di pasar internasional yang sulit diprediksi.
Sepeda menjadi salah satu alat transportasi untuk aktivitas sehari-hari. Tren munculnya berbagai komunitas bersepeda dapat mendobrak birokrasi hubungan strata sosial dan hierarki jabatan ke arah yang positif. "Bersepeda juga membuat badan menjadi sehat," kata dia.
Ia hanya menjawab "rahasia" ketika ditanya apakah bersepeda kali ini mengingatkannya dengan kenangan bersama sang istri, Frederika, sewaktu masih muda.
Peserta sepeda santai yang dilanjutkan dengan "criterium race" itu melebihi target yang diperkirakan panitia. "Target panitia hanya seribu orang," kata Dedy, salah seorang panitia.
Selain Cornelis, sang istri dan Karol, putrinya yang juga Ketua Taruna Merah Putih Kalbar, ikut mengayuh sepeda. Terlihat pula Wakil Gubernur Kalbar Christiandy Sanjaya dan istri, Sekretaris Daerah Syakirman dan istri, Direktur Umum Bank Kalbar Jamal Attamimi, Walikota Pontianak Buchary Abdurrahman dan Ketua Badan Pemuda Olahraga dan Pemberdayaan Perempuan (Bapora PP) Kalbar Utin Kusumawaty.

1 komentar:

gila^ontel mengatakan...

salut untuk Pak Gub yang mau bersepeda berama rakyatnya...
kapan nih Pak Cornelis naik sepeda ontel...
kebetulan saya pecinta sepeda tua...
saya tunggu..

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger