Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Jumat, 07 November 2008

Bersepeda Cara Santai Membangkitkan Nasionalisme


Banyak cara dilakukan guna meningkatkan kembali semangat nasionalisme. Semangat di mana seluruh bangsa ini merasa satu bangsa, satu bahasa dan satu tanah Air, Indonesia.

Taruna Merah Putih sebagai salah satu dari sekian banyak organisasi kepemudaan mencoba mengembalikan semangat nasionalisme tersebut dalam bentuk kegiatan santai dan dapat diterima masyarakat luas. Fun Bike dan Criterium Race 2008 dalam rangka peringatan 80 tahun Sumpah Pemuda.
Kegiatan dilaksanakan Minggu (2/11) kemarin di depan Kantor Walikota Pontianak. Diikuti ribuan warga menggunakan sepeda dari berbagai jenis. Acara dilepas oleh Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis pada pukul 06.00 Wib. Tampak hadir Sekretaris Daerah Kalbar, Syakirman, Kepala Bapora PP Kalbar, Utin Kusumawaty, Walikota Pontianak, Buchary Abdurrahman dan jajaran Muspida Kalbar serta Pemkot Pontianak.
Ketua DPD Taruna Merah Putih, Karolin Margret Natasya menuturkan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka peringatan sumpah pemuda. Pihaknya telah melakukan survei di Kalbar, khususnya Pontianak. Ternyata komunitas sepeda di kota ini cukup besar. Untuk itu Taruna Merah Putih berinisiatif menyelenggarakan kegiatan santai yang dapat meningkatkan dan menumbuhkan rasa nasionalisme di kalangan remaja.
Saat ini pemuda Indonesia tidak lagi dihadapkan pada masa peperangan. Namun dihadapkan pada ancaman diintegrasi bangsa. Perbedaan agama, suku, daerah, kondisi politik, ekonomi kadang membuat terjadinya perselisihan. Banyaknya ancaman nasionalisme itu membuat warga harus waspada. Untuk meningkatkan pemahaman nasionalisme melalui berbagai hal yang tidak rumit dan serius. Seperti musik, lagu dan olahraga, menjadi solusi alternatif.
Menurut Putri Gubernur Kalbar ini, dengan bersepeda dapat meningkatkan rasa kebersamaan di antara warga. Dalam konteks hubungan sosial, bermunculnya trend kelompok bersepeda akhir-akhir ini mampu mendobrak birokrasi hubungan strata sosial dan hirarki jabatan ke arah positif. Semua kelompok menanggalkan atribut kekuasaan dan kepentingannya. Semua berbaur dalam semangat solidaritas dan persatuan yang kuat.
Sementara itu Gubernur Kalbar, Cornelis dalam sambutannya menyampaikan bahwa di tengah maraknya isu Global Warming, olahraga bersepeda atau melakukan aktivitas dengan bersepeda di samping membuat sehat juga relevan dalam menjaga lingkungan. Cornelis berharap dapat meningkatkan kembali prestasi atlet Kalbar baik di tingkat nasional maupun internasional. Selain itu dia menginginkan agar kegiatan ini benar-benar memberikan kontribusi nyata terciptanya pemuda-pemudi yang sehat serta peduli lingkungan melalui olahraga bersepeda.
Walikota Pontianak, Buchary Abdurrahman yang hadir dalam kegiatan itu mengatakan bersepeda merupakan olahraga bermanfaat. Dari segi kesehatan olahraga ini dapat membakar banyak kalori, tergolong olahraga ringan dan baik untuk kesehatan jantung.□Rizky Wahyuni/Borneo Tribune, Pontianak

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger