Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Jumat, 07 November 2008

Gerakan Ketahanan Pangan Perlu Didukung Daerah


Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis, mengimbau pemerintah kabupaten/kota se-Kalbar untuk mendukung program pemerintah pusat agar kembali menggalakkan gerakan tanam, tebar dan pelihara untuk ketahanan pangan.

"Dukungan gerakan tersebut sangat diperlukan agar apa yang dicita-citakan yaitu terwujudnya ketahanan pangan dan kesehatan keluarga yang didukung oleh perempuan dalam gerakan tanam, tebar dan pelihara, dapat terwujud," kata Cornelis.
Ia mengatakan, sasaran gerakan ini adalah melakukan penanaman pohon kehutanan, benih atau bibit tanaman pangan/hortikultura serta penebaran benih ikan di lahan masyarakat yang masih banyak menganggur.
Cornelis menambahkan, benih atau bibit yang ditanam atau ditebar, yaitu sagu, jagung, umbi-umbian, durian, rambutan, melinjo, kelapa.
"Sekecil apapun kegiatan dan gerakan ketahanan pangan yang telah kita lakukan akan berhasil apabila mendapat dukungan dari instansi terkait dan masyarakat," ujarnya.
Gubernur beserta Muspida sekitar pukul 11.00 WIB tadi siang melakukan penanaman berbagai pohon di Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, serta penebaran benih ikan yang dilakukan di Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak.
Rencananya, puncak kegiatan gerakan tanam, tebar dan pelihara untuk ketahanan pangan akan dilaksanakan tanggal 1 Desember, di Kecamatan Mandor, Kabupaten Landak.
Ia mengimbau, pada waktu bersamaan kegiatan tersebut dapat diikuti seluruh pemerintah dari 14 kabupaten/kota se-Kalbar, sesuai surat imbauan Menteri Dalam Negeri Nomor: 080/2968/SJ, tanggal 2 Oktober yang meminta perhatian gubernur, bupati dan walikota se-Indonesia agar mendukung dan memfasilitasi gerakan tersebut.

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger