Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Jumat, 07 November 2008

Doakan yang telah Meninggal


Gubernur Kalbar Cornelis beserta keluarga mengikuti misa arwah yang dilaksanakan di Pendopo Gubernur yang dipimpin oleh Pastor Paulus Kota OFM, Cap. FOTO Lukas B Wijanarko/Borneo Tribune.

Pada bulan November bagi umat Katolik melakukan ibadah misa untuk memperingati arwah-arwah yang telah meninggal. Misa arwah dilakukan untuk mendoakan atau memberi pertolongan rohani kepada yang sudah meninggal.
Meskipun sudah meninggal, arwah orang beriman juga masih perlu ditemani. Melalui perayaan itu pula Gereja memohon cinta dan belas kasih Allah, serta pengampunan dosa bagi yang meninggal. Hal ini diungkapkan oleh Pastor Paulus Kota OFM. Cap saat memimpin ibadah Misa Arwah di Pendopo Gubernur Kalbar beberapa hari yang lalu.

“Kita menyakini bahwa arwah orang yang sudah meninggal tidak langsung kembali ke asalnya, kita berharap Tuhan mengampuni dosa-dosa yang telah ia lakukan semasa hidupnya, sehingga ia bisa kembali ke asalnya, dan saya juga menghimbau, juga menganjurkan bagi pemeluk agama Katolik untuk mendatangi serta membersihkan makam, serta berdoa, sebagai bentuk perhatian kita kepada orang tua kita yang telah meninggal,” katanya.

Dalam khutbahnya Paulus Kota juga meminta untuk manusia harus hidup jujur, rajin beribadah dan berbuat kebaikan, karena pahala itu akan Tuhan catat dalam buku kehidupan. Karena yang akan Tuhan tanya bukanlah apa agamamu, atau apa yang kau percaya, tetapi perbuatan baik apa yang telah engkau lakukan.

Dalam misa arwah ini juga turut mendoakan orang tua dari Gubernur Kalbar Cornelis yaitu bapak Yosef Rupinus Jamin Injah yang meninggal pada tanggal 4 Agustus 2005 dan ibu Maria Christina Uko yang meninggal pada tanggal 24 Mei 2008.

Orang tua dari Ny Frederika Cornelis bapak Albanus Ahon yang meninggal pada tanggal 29 Agustus 1991 dan ibu Elisabeth Katuyang yang meninggal pada pada tanggal 2 Oktober 1998.

Dan almarhum dari orang tua Munsin bapak Vinsensius Urep yang meninggal pada bulan maret 2003 dan ibu Antonia yang meninggal pada bulan Mei 1985. Selain itu turut didoakan pula almarhumah Yovita yang merupakan adik dari Gubernur Kalbar Cornelis. Misa ini juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Kalbar Christiandy Sanjaya beserta istri Ny. Karyanti C.Sanjaya.

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger