Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Jumat, 17 Oktober 2008

Rapat Koordinasi Pilkada

Gubernur Kecewa Kepala Daerah Tak Hadir


Rapat Koordinasi pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah Kabupaten/ Kota di Kalimantan Barat tahun 2008 dimulai kemarin, Kamis(9/10). Rapat yang dibuka oleh Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis, akan dilaksanakan selama 2 hari hingga Jumat ini.

Hadir dalam acara tersebut pemerintah daerah dari masing-masing daerah yang akan melaksanakan pemilihan. Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Pontianak dan Kabupaten Sanggau. Namun sangat disayangkan tidak satupun dari WaliKota/ Bupati yang menghadiri acara tersebut. Hanya diwakili oleh Sekda masing-masing.
Gubernur sempat menyampaikan kekecewaannya atas ketidak hadiran kepala daerah dalam acara yang dianggap penting tersebut. Bahkan dia sempat meresensi masing-masing Bupati/WaliKota.
Di hadapan wartawan setelah acara pembukaan selesai Cornelis meminta kepada seluruh pihak untuk mengsukseskan Pilkada di empat Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat.
Dia meminta kepada masyarakat menggunakan tingkat rasio yang tinggi dalam memilih pemimpin daerah. “Pilihlah pemimpin berdasarkan logika, jangan gunakan perasaan.,” tegasnya.
Dia juga mengimbau agar masyarakat dapat menjaga kondisi daerah masing-masing. Sedangkan kepada penyelenggara Pilkada dia mengharapkan hendaknya menjalankan tugas seadil-adilnya, dengan tidak melakukan pembodohan-pembodohan.
Dalam pemilihan menang kalah itu biasa menurut Cornelis. Dia meminta kepada pasangan yang bertarung jangan hanya mau menang saja tapi juga harus siap kalah.
Dalam kesempatan itu dia juga mengharapkan kepada aparat keamanan baik sipil maupun militer dapat menempatkan diri pada posisi masing-masing.
Aparat sipil memiliki hak politik namun tidak dibenarkan untuk terlibat langsung dalam kampanye maupun menjadi tim sukses pasangan calon. “Tempatkanlah diri sebagai birokrasi,” pinta Cornelis kepada seluruh PNS yang ada.
Terkait dengan belum dibenarkannya PNS menjadi tim kampanye dalam pemilihan kepala daerah, Cornelis yang juga ketua DPD Partai Demokrasi Perjuangan Kalimantan Barat sedang menunggu surat keputusan Mendagri terkait masalah ini.
Jika tidak diberikan izin maka dia tidak akan menjadi juru kampanye pasangan calon kepala daerah yang diusung partainya. Namun jika diizinkan Mendagri dia akan lakukan kampanye di empat daerah Pilkada masing-masing sebanyak satu kali.
Rapat Koordinasi pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah Kabupaten/ Kota di Kalimantan Barat tahun 2008 ini menghadirkan pihak terkait. Polda Kalbar menyampaikan materi pengamanan Pilkada dan perkembangan situasi kondisi Kamtibmas menjelang Pemilu legislatif dan presiden tahun 2008.
KPU Provinsi Kalimantan Barat mengulas peran strategis KPU dalam Pilkada dan Pemilu. Panwas Provinsi menyampaikan strategi pengawasan dalam mewujudkan Pilkada dan Pemilu yang demokratis. Sedangkan KPU Kabupaten/Kota memaparkan kesiapan penyelenggaraan Pilkada masing-masing daerah.

Setelah penyampaian rekomendasi rapat akan ditutup hari ini pukul 9 pagi oleh Sekda Provinsi Kalbar, Syakirman di Balai Petitih Kantor Gubernur.□Rizky Wahyuni/Borneo Tribune, Pontianak

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger