Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Selasa, 28 Oktober 2008

Kader PKK Harus Cerdas dan Terampil


Serahkan Bantuan
Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar, Frederika Cornelis, menyerahkan bantuan benih ikan kepada pengurus PKK daerah perbatasan Kalimantan Barat. Acara penyerahan berlangsung di Kantor Camat Entikong Kabupaten Sanggau, Jumat(24/10).(Foto Lukas B. Wijanarko)

Kader PKK mesti meningkatkan pendidikan, pengetahuan, dan keterampilan, agar dapat berperan aktif mengatasi berbagai permasalahan di perbatasan. Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar Frederika Cornelis, menyatakan, saat silaturahmi dengan tim penggerak PKK Kalbar dengan para kader PKK di sepanjang wilayah perbatasan Entikong, di Kantor Camat Entikong Kabupaten Sanggau, Jumat(24/10).

Kecamatan Entikong merupakan daerah perbatasan, tentunya sangat rentan terhadap berbagai masalah. Seperti, trafiking, masalah yang berhubungan dengan nasionalisme. Penyebaran HIV/AIDS. Juga masalah Narkoba.

Sebelumnya, dalam acara penyerahan bantuan Mobil Pintar ini, Frederika Cornelis juga menyerahkan secara simbolik bantuan bibit ikan dan melakukan penanaman pohon Sukun bersama dengan Gubernur Kalbar, Bupati Sanggau, Kapuas Hulu, Bengkayang, Sambas serta Danrem di halaman Kantor Camat Entikong.

Menurutnya, Gubernur Kalbar, Cornelis baru saja menyerahkan bantuan Mobil Pintar yang diterima dari Ibu Presiden, Ny Ani Yudhoyono. Bantuan itu untuk empat kabupaten di perbatasan. Tujuannya, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi masyarakat di lokasi yang kurang terjangkau pendidikan formal.

Di mobil pintar ini, tersedia prasarana belajar untuk memudahkan masyarakat memperoleh informasi.

”Saya berharap, pengurus PKK dapat bekerja sama dengan pemerintah, bersama-sama memaksimalkan keberadaan mobil pintar ini,” kata Frederika.

Selain itu, dalam rangka menuju ketahanan pangan keluarga, kader PKK se Kalbar, diharapkan dapat melakukan Gerakan Tanam, Tebar, dan Pelihara. Gerakan ini tujuan, membangun kesadaran perempuan dalam ketahanan pangan.

Tanaman pangan itu adalah sagu, jagung, umbi-umbian, dan jenis pangan lokal. Sedangkan, tanaman hortikultura, seperti, pohon Sukun, sayur-mayur, dan buah-buahan.

Dalam arahannya, Ketua Tim Penggerak PKK Kalbar, Frederika, mengingatkan bahwa dalam struktur organisasi program-program PKK, di kelola oleh empat Kelompok Kerja (POKJA).

Masing-masing Pokja mempunyai prioritas program untuk mengatasi hal-hal yang dianggap rentan. Yaitu, POKJA 1, mengatasi masalah trafiking, bela negara, HIV/Aids, dan Narkoba. POKJA II, prioritas program di bidang pendidikan dan keterampilan. POKJA III, bidang kelestarian lingkungan hidup, seperti perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Dan, ketahanan pangan yaitu dengan menanam pohon, seperti Sukun, menebar bibit ikan. Juga memelihara agar apa yang telah ditanam atau ditebar, juga dipelihara. POKJA IV, program prioritas bidang kesehatan, seperti revitalisasi Posyandu.□

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger