Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Rabu, 17 September 2008

Revolusi Pelayanan Publik di Kalbar

Bayar Pajak Cukup 15 Menit


Suasana pusat perbelanjaan termegah di Kota Pontianak Ayani Mega Mall agak berbeda siang kemarin. Sejumlah pejabat penting provinsi dan kota berbaur bersama publik dan aparat kepolisian. Mereka menjadi saksi “revolusi” pelayanan publik di Kota Pontianak yang dipelopori oleh Polda dan Dispenda Kalbar.

Rabu, (17/9), dihadiri Wakil Gubernur Kalbar, Christiandy Sanjaya, Kapolda Kalbar, Brigjen R. Nata Kesuma, Walikota Pontianak, Buchary A. Rachman, Kadispenda Kalbar, Darwin Muhammad, Direktur Jasa Raharja Cabang Pontianak dan sejumlah pejabat, acara peresmian tempat pelayanan pajak kendaraan bermotor diresmikan. Tempat pelayanan pajak yang disebut dengan istilah “Samsat Corner” ini menjadi daya tarik tersendiri bagi warga yang mendatangi pusat perbelanjaan termegah dan ternyaman di Kalbar ini.
Semangat perbaikan pelayanan kepada publik menjadi dasar pembukaan gerai pelayanan yang cukup inovatif ini. Pemerintah Provinsi Kalbar yang diwakili Wakil Gubernur menyambut baik program ini. Ia menyebut kegiatan ini sebagai terobosan besar dalam revolusi pelayanan publik di Kalbar.
Wagub Christiandy menceritakan kilas balik sejarah pendirian Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di Indonesia. Menurut Wagub kebijakan ini tak lepas dari surat kesepakatan bersama Menhankam dan beberapa departemen lainnya guna menciptakan sistem pembayaran pajak yang efektif dan efisien. Wagub juga mengatakan bahwa, reformasi di institusi birokrasi dalam upaya penciptaan good governance, kecepatan dan kenyamanan peyanan publik sangat diperlukan.

Wagub menegaskan garis kebijakan Pemprov Kalbar dalam upaya memberikan pelayanan yang baik dan mewujudkan kepemerintahan yang baik. Wagub berharap sinergisitas yang telah dibangun di Samsat perlu dipupuk dan dipelihara setiap hari untuk menciptakan kesamaan pandang dalam mewujudkan pelayanan prima.

“Perlu membangun mind set birokrasi. Melayani bukan dilayani, mendorong bukan menghambat, sederhana bukan berbelit-belit,” tegas Wagub.
Sementara Kapolda Kalbar, R. Nata Kesuma dalam sambutannya mengatakan, Samsat Corner merupakan salah satu program unggulan selain 5 program unggulan lainnya di Polda Kalbar. Dengan dibukanya gerai pelayanan pajak di pusat perbelanjaan ini, Kapolda berharap tercipta pelayanan publik yang cepat, murah dan nyaman.
Menurut Kapolda tentang pemilihan tempat yang agak berbeda dari kebiasaan ini sengaja dipilih dengan beberapa alasan. Pusat perbelanjaan dipilih karena di bulan puasa ini dan menjelang lebaran masyarakat banyak terkonsentrasi di tempat ini.
Mengutip pernyataan dari Menpan RI, Kapolda menyebut salah satu indikator pelayanan prima adalah kecepatan dan kenyamanan.
“Samsat Corner dapat mencegah praktik percaloan,” kata Kapolda.

Dirlantas Polda Kalbar, Kombes Pol. Drs. Imam Pramukarno di awal kegiatan peresmian menjelaskan bahwa pengadaan kegiatan ini sejalan dengan kebijakan Kapolri yang mengharapkan terciptanya pelayanan publik yang prima. Dalam pelaksanaannya menurut Imam, petugas pelayan terdiri dari 2 orang petugas Polri, 1 orang petugas dari Dispenda Kalbar, dan satu orang dari Jasa Raharja dan Bank Kalbar. Dalam penyusunan dan pencocokan data Samsat Corner menggunakan data base master yang ada di kantor Samsat Kalbar. Waktu pelayanan pada pukul 14.00-21.00 WIB.
“Cukup bawa BPKB dan STNK asli. Sesuai hasil uji coba paling lama 15 menit dalam satu pelayanan,“ kata Imam Pramukarno.

Usai acara peresmian warga langsung menyerbu gerai yang siap melayani di loket yang telah disediakan. Janji pelayanan prima yang didengungkan oleh jajaran kepolisian dan Dispenda Kalbar memang tidak berlebihan. Beberapa warga yang datang megurus pajak kendaraan bermotornya terlihat tersenyum menerima pelayanan yang cepat di tempat yang nyaman.
“Bagus. Lebih cepat dari tempat yang biasa. Mudah-mudahan bisa dipertahankan,” kata Gustian, salah satu warga yang telah merasakan pelayanan prima tersebut.□
=====
KONTER BARU
Wakil Gubernur Kalbar, Christiandy Sanjaya menggunting pita tanda dibukanya konter pelayanan pajak yang istimewa karena cepat di pusat perbelanjaan Ayani Mega Mall. FOTO Budi Rahman/Borneo Tribune

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger