Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Kamis, 04 September 2008

Pelayanan Puskesmas 2009 Gratis


Rakyat Indonesia patut bersyukur karena pemerintah pusat bakal memberikan pelayanan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) secara gratis kepada masyarakat tanpa membedakan ‘kasta’ alias si miskin dan si kaya pada 2009 mendatang. Tak pelak, Gubernur Cornelis menyambut baik gagasan mulia tersebut. “Kalau gratis tidak perlu disiapkan. Alhamdulilah (puji Tuhan, red),” ujar Gubernur di gedung DPRD Provinsi Kalimantan Barat sembari melepaskan senyumnya yang khas, Rabu kemarin.

Lebih lanjut Cornelis mengatakan sesungguhnya urusan Puskesmas itu merupakan tanggung jawab pemerintah kabupaten/kota di seantero Provinsi Kalimantan Barat. “Urusan Puskesmas itu ‘kan urusan Bupati dan Walikota. Tanya saja sama mereka,” ujarnya.
Di tempat terpisah, Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Ir H Zulfadhli mengatakan seandainya kebijakan itu sungguh nyata, konsekwensinya pemerintah pusat harus menyiapkan dana bantuan kepada provinsi maupun kabupaten/kota yang berwenang untuk mengatur akan hal ini.
Selain terganjal dengan persoalan pembiayaan, terang Zulfadhli, persoalan prasarana pun kerap menjadi aral untuk mengimplementasikan pengobatan di Puskesmas secara gratis di Puskesmas Kalbar. “Ini perlu dukungan pendanaan yang cukup besar dari pemerintah pusat, dan pemerintah provinsi siap mengalokasikan dana pendamping untuk itu. Sepanjang hal ini betul-betul bisa dilaksanakan,” tegasnya.
Kendati demikian, Ketua DPRD Provinsi termuda se-Indonesia ini mengatakan sesungguhnya kewenangan untuk memberikan pelayanan Puskesmas secara gratis kepada masyarakat merupakan kewenangan pemerintah kabupaten/kota di seluruh Kalbar.□

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger