Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Jumat, 12 September 2008

Gubernur Tinjau Banjir Melawi

Siapkan Obat Anti Serangan Penyakit



Banjir yang melanda Kabupaten Melawi sepekan ini mendapat perhatian khusus Gubernur Kalimantan Barat, Drs. Cornelis, MH. Orang nomor satu di Kalbar ini datang langsung ke lokasi bencana.

Rombongan tiba di Kota Juang, Jumat (12/9) subuh sekitar pukul 03.00 Wib dan mereka langsung menuju rumah Bupati Melawi di Km 4 Jalan Kota Baru – Nanga Pinoh. Pagi harinya, pukul 09.30 diadakan pertemuan resmi di lapangan kecamatan, lokasi posko pengungsi dan tim terpadu pelaksanaan penanggulangan bencana banjir di Kabupaten Melawi.
Di lapangan, tampak seluruh pejabat di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Melawi sudah berkumpul menunggu kedatangan rombongan Gubernur bersama Bupati Melawi.
Bupati Melawi, Drs. A.Suman Kurik, MM melaporkan, bencana banjir melanda hampir di seluruh Kabupaten Melawi, yakni 11 kecamatan dengan total 10.595 Kepala Keluarga (KK) yang rumahnya terendam banjir. Pemkab Melawi dengan segala kemampuannya telah melakukan penanggulangan bencana banjir selama sepekan ini. Demikian juga bantuan telah diserahkan kepada warga korban banjir.
"Pemkab Melawi dengan segala upaya dan kemampuan telah berkerja keras untuk menangani bencana ini. Dan kami berterima kasih kepada Gubernur yang peduli dan menyempatkan diri di tengah kesibukannya untuk mengunjungi warga kami yang dilanda banjir," kata Suman Kurik.
Gubernur Kalbar, Drs. Cornelis, MH, didampingi Kadis Sosial, Kesbanglinmas dan Kepala Biro Perlengkapan Provinsi Kalbar dalam sambutan singkatnya mengatakan dalam waktu dekat akan memberikan bantuan kepada warga tertimpa bencana banjir. Secara mendetail, Cornelis belum menyebutkan jumlah bantuan yang akan diberikan Pemprov kepada Pemkab Melawi untuk menanggulangi korban banjir. Dalam kesempatan itu, secara simbolis Cornelis memberikan bantuan kepada Bupati Melawi, Drs. A.Suman Kurik, MM untuk bencana banjir.
Kepada Pemkab Melawi dan Tim pembantu penanggulangan bencana banjir, Cornelis berpesan agar terus berwaspada akan banjir susulan. Ini karena cuaca pada pagi itu, terlihat mendung yang masih menutupi kawasan ibu kota Melawi. "Cuaca sepertinya mau turun hujan. Waspadai banjir susulan. Mudah-mudahan tidak hujan," kata Cornelis.
Selain itu, ia juga berpesan tetap waspada terhadap penyakit yang timbul setelah banjir, seperti diare, penyakit kulit dan ispa (infeksi pernapasan atas). Untuk antisipasi hal tersebut, Cornelis mengingatkan agar penyediaan stok obat dan petugas terus siap untuk melayani korban banjir. "Pasca banjir, biasanya banyak penyakit, seperti diare. Untuk itu, obat dan petugas medis harus siap," ingat Cornelis lagi.
Usai menyampaikan sambutan singkat, Cornelis bersama rombongan yang didampingi Bupati Melawi, Ketua DPRD, Kapolres, Karamil Nanga Pinoh dan jajaran pejabat Pemkab Melawi, langsung menuju posko pelayanan kesehatan dan dilanjutkan mengujung korban banjir di Kayan. Di Posko kesehatan, terlihat warga silih berganti untuk berobat. Petugas tampak tidak kenal lelah melayani warga korban banjir. Cornelis sempat berdialog dengan salah seorang warga korban banjir, Windi yang sedang membawa anaknya berobat karena terkena diare. Dalam dialog singkatnya, Windi mengatakan rumahnya tergenang air setinggi 1,5 meter dan mereka terpaksa mengungsi di rumah tetangga yang tidak terkena banjir. "Tasya (anak saya) kena diare, rumah kami terendam banjir, sekarang baru surut," katanya. Ia menilai pelayanan kesehatan kepada korban banjir sangat baik.□
======
Foto: Gubernur Kalbar, Drs. Cornelis, MH mengunjung posko kesehatan penanggulangan bencana banjir di Melawi. FOTO Adrianus Jumadi/Borneo Tribune.

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger