Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Jumat, 12 September 2008

10.598 KK Terancam Rawan Pangan


Bupati Melawi, Drs. A.Suman Kurik, MM melaporkan, dampak tingginya curah hujan di Kabupaten Melawi menimbulkan bencana banjir. Paling parah terjadi di 11 kecamatan atau sekitar 169 desa, terutama daerah persisir Sungai Pinoh dan Melawi. Akibat banjir, 10.598 kepala keluarga (KK) atau sekitar 25 ribu jiwa akan terancam rawan pangan dan penyakit.

Sebelum melanda ibu kota Melawi, Kamis, (4/9) banjir telah dirasakan warga di daerah perhuluan yakni kecamatan Sokan, Tanah Pinoh, Sayan, Menukung, dan Ella Hilir. Bencana di 5 kecamatan, dikategorikan banjir bandang sehingga menghayutkan 25 unit rumah, 1 unit jembatan, 1 unit rumah ibadah, 4 ekor sapi, sementara sawah/ladang belum dapat teridentifikasi oleh tim.
Banjir yang terparah terjadi dalam kurun 17 tahun ini, terdata, kecamatan Nanga Pinoh, 4.180 KK, Pinoh Utara, 4.715 KK, Belimbing 58 KK, Ella Hilir 1.330 KK, Menukung 840 KK, Sayan 243 KK, Tanah Pinoh 89 KK, Sokan 89 KK, Tanah Pinoh Barat 55 KK, untuk kecamatan Pinoh Selatan dan Belimbing Hulu belum terdata. Karena itu, jumlah korban akan bertambah.
Tindakan penanggulanagn bencana banjir, dipaparkan seluruh Stakeholder Pemkab Melawi secara bersama membentuk tim pembantu penanggulangan bencana banjir. Bantuan bencana juga telah disalurkan kepada warga, dengan total 25,450 ton beras, 515 dus indomi, karden 91 dus, minyak goreng 33 dus, telur 2.296 butir, gula 80 kilogram, air meneral 88 dus, kopi 1 dus, susu kental manis 5 dus dan biskuit 3 dus. Semua bantuan tersebut berasal dari APBD Pemkab Melawi tahun 2008 dan sumbangan dari pihak ketiga.
Penanganangan bencana, tim terpadu pembantu penanggulangan bencana banjir dan pengungsi Pemkab Melawi, yang didukung Tagana, PMI, Diskes, TNI, Polri, dan Ciwanadri, juga telah menyediakan dapur umum dan pelayanan kesehatan. Di posko Kesehatan tercatat lebih dari 5.200 warga yang berobat. Penyakit yang dikeluh, antaranya diare, penyakit kulit dan ISPA (infeksi pernapasan atas).□
========
Foto: Bupati Melawi, Drs. A. Suman Kurik, MM menerima secara simbolis bantuan dari Pemprop yang diserahkan Gebernur Kalbar, Drs. Cornelis, MH. FOTO Adrianus Jumadi/Borneo Tribune.

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger