Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Selasa, 09 September 2008

Cornelis: Mahasiswa Harus Bermental Baja


Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Drs. Cornelis, MH memberikan petuah-petuah di hadapan puluhan mahasiswa ilmu pemerintahan saat pembukaan kuliah perdana mahasiswa ilmu pemerintahan kerjasama FISIP Untan dengan pemerintah provinsi Kalbar 2008/2009.

Cornelis yang juga merupakan alumnus Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) ini menegaskan kepada mahasiswa-mahasiswi yang beruntung mendapatkan kesempatan belajar sebagai siswa ilmu pemerintahan ini janganlah mudah terpengaruh akan gemerlapnya Kota Pontianak.
”Para siswa jangan terpengaruh dengan gemerlapnya kota,” gelora orang nomor satu di Kalimantan Barat ini penuh semangat, di Bandiklat Provinsi Kalimantan Barat, Senin (8/9) kemarin pagi.
Sejauh ini pemerintah provinsi sangat membutuhkan tenaga yang terampil dan mengerti tentang ilmu pemerintahan, sehingga kemampuannya itu diharapkan dapat didedikasikan untuk melakukan pembangunan di Kalbar.
”Kita butuh tenaga ahli pemerintahan. Tetapi tempat pendidikan ilmu pemerintahan di daerah malah ditutup dengan berbagai alasan dan kepentingan. Sehingga ketika kita memerlukan seorang camat, dan karena tenaga itu memang terbatas, dengan terpaksa kita menggunakan seorang perawat maupun tenaga BKKBN untuk dijadikan seorang camat,” seloroh gubernur.
Pada tahun ajaran 2008/2009 mahasiswa yang mendaftar di ilmu pemerintahan menembus angka 1700-an, namun hanya 90 calon mahasiswa yang beruntung menjadi mahasiswa ilmu pemerintahan dan siap didik untuk menjadi kader penerus bangsa, khususnya untuk mengabdi di pemerintahan provinsi Kalimantan Barat.
Gubernur juga menitip pesan kepada semua mahasiswa agar senantiasa menjaga dan sekaligus melakukan tindakan preventif terhadap beragam hal yang dapat merugikan dirinya sendiri. Seperti penyalahgunaan narkoba, minuman keras dan lain sebagainya.
Oleh karena itu, mantan Bupati Landak ini menegaskan hendaknya mahasiswa dapat bertameng akan itu semua dengan cara beragama secara baik dan taat dengan segala perintah dan menjauhi segala larangan Tuhan. ”Mudah-mudahan 4 tahun selesai dan saya bisa mewisuda kalian,” ujarnya.
Cornelis juga menegaskan agar mental serta semangat para mahasiswa ilmu pemerintahan harus bermental baja, sehingga tetap tegar dalam situasi maupun kondisi apapun dalam menjalankan tugas dan pengabdiannya di pemerintahan. ”Jangan baru tugas 2 tahun di daerah pedalaman sudah mau minta dipindahkan ke kota. Mental-mental seperti ini yang harus dibuang,” tegas Cornelis.
Untuk membiayai studi ilmu pemerintahan yang bekerja sama dengan FISIP Untan ini, Gubernur mengaku bahwa pemerintah provinsi telah banyak mengeluarkan biaya untuk menanggungnya.
Oleh karenanya, dia minta kepada dosen agar sungguh-sungguh dalam mentransferkan ilmu mereka kepada mahasiswa. Sedangkan mahasiswa, dia juga berpesan agar dapat memanfaatkan kesempatan ini secara serius dalam menimba ilmu pemerintahan, sehingga kelak menjadi seorang yang profesional dibidang ilmu pemerintahan dan berguna bagi bangsa dan negara, khususnya pemerintahan provinsi Kalimantan Barat.
==========
PETUAH. Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Drs. Cornelis, MH memberikan petuah-petuah di hadapan puluhan mahasiswa ilmu pemerintahan saat pembukaan kuliah perdana mahasiswa ilmu pemerintahan kerjasama FISIP Untan dengan pemerintah provinsi Kalbar 2008/2009 di Bandiklat Provinsi Kalbar, Senin (8/9) kemarin. FOTO Andry/Borneo Tribune, Pontianak

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger