Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Selasa, 02 September 2008

Antam-Showa Bangun Pabrik Bauksit


PT Aneka Tambang (Antam) bekerjasama dengan Showa Denko Jepang, akan membangunan pabrik Chemical Grade Alumina (CGA) di Tayan Kabupaten Sanggau Kalbar, pada bulan November 2008. Hal ini di sampaikan Gubernur Kalbar Cornelis kepada Borneo Tribune di ruang kerjanya, Senin (1/9).

Gubernur Kalbar Cornelis mengatakan dalam kunjungannya bersama dengan PT Aneka Tambang ke Jepang kemarin, dalam rangka menindak lanjuti rencana Showa Denko yang akan membangun pabrik untuk mengolah cadangan Bauxsite berjumlah besar dan berkualitas tinggi di Tayan, menjadi Chemical Grade Alumina (CGA), yang akan dijual melalui perjanjian offtake ke Jepang.
“Kita berusaha meyakinkan Perusahaan Showa Denko yang berkantor di Tokyo Jepang, agar Perusahaan ini secepatnya membangun Pabrik Chemical Grade Alumina di Tayan Kabupaten Sanggau, dan Perusahaan Showa Denko menyambut positif, karena pemerintah menjamin keamanan Investasi di Indonesia,” ungkap Gubernur.
Selanjutnya Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar ini juga mengatakan, “Sambil membangun pabrik, hasil dari produksi yang setengah jadi ini akan langsung dibawa ke Jepang, yang nantinya akan menghasilkan berbagai jenis produk,sedangkan untuk tenaga listrik sementara kita akan beli dulu,” kata Cornelis yang saat kunjungannya ke kantor Showa Denko di Tokyo Jepang, ia juga menyempatkan diri berkunjung ke Pabrik Showa Denko di Yokohama.
Pabrik yang akan menyerap sekitar 700 orang tenaga kerja tersebut merupakan bagian dari rencana perusahaan Showa Denko dan ATAM untuk mengurangi ketergantungannya pada nikel dan emas, dengan meningkatkan bisnis bauksit.
Pabrik Chemical Alumina yang bernilai hingga Triliunan rupiah di Tayan ini merupakan langkah lanjutan dari penandatanganan perjanjian usaha patungan (joint venture agreement, JVA) yang telah dilakukan pada bulan Maret 2006.
Berdasarkan BFS yang dikerjakan oleh Mizuho untuk Antam di tahun 2003, diperkirakan Proyek Tayan akan memproduksi 300.000 ton Chemical Grade Alumina (CGA) per tahun, yang akan berjalan selama 100 Tahun.
Sebelumnya, PT Antam bergabung dengan tiga mitra perusahaan Internasional, termasuk Showa Denko KK Jepang dan Marubeni Corporation, untuk melaksanakan suatu studi kelayakan pembangunan pabrik yang akan memproses bauksit menjadi Alumina.
Bauksit (Bauxite) merupakan bahan galian yang kaya akan aluminium, yang terbentuk dari proses laterisasi batuan beku asam, yang sebagian besar digunakan untuk industry logam aluminium.
Selain itu juga digunakan untuk pembuatan alat-alat rumah tangga, dan industri kapal terbang, lemari es, mesin cuci, AC, pengganti tembaga, industri kaleng, dinding, atap dan tirai.□Lukas B Wijanarko/Borneo Tribune, Pontianak

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger