Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Kamis, 21 Agustus 2008

Pemerintah Menjamin Hak Perlindungan Anak


Provinsi Kalbar pernah kehilangan satu generasi kaum cerdik pandai, pada saat penjajahan Jepang. Mereka dibunuh dan dibuang ke Mandor. Untuk itu anak sebagai generasi penerus bangsa ke depan, perlu mendapatkan pendidikan dan pelayanan serta perlindungan dari elemen bangsa ini. Hal itu disampaikan oleh Wakil Gubernur Kalbar Christiandy Sanjaya pada upacara Hari Anak Nasional di Pendopo Gubernur, Selasa (29/7).

Mengingat upaya untuk memberikan jaminan perlindungan dan hak anak telah menjadi komitmen nasional dan Internasional, maka di perlukan dukungan seluruh lapisan masyarakat Indonesia, sebagai kewajiban dan tanggung jawab Negara, pemerintah, masyarakat, keluarga serta orang tua dalam pemenuhan hak-hak anak tersebut ungkap Christiandy Sanjaya.
Selain itu Pemerintah juga telah peduli terhadap kesejahteraan anak antara lain dengan ditetapkannya beberapa Undang-undang seperti UU RI No 4 Tahun 1979 tentang kesejahteraan anak, UU RI No 3 Tahun 1997 tentang Pengadilan anak, dan UU RI No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan anak.
Oleh sebab itu bangsa Indonesia sebagai bagian dari masyarakat Dunia mempunyai komitmen untuk memberikan jaminan terpenuhinya hak perlindungan anak yang merupakan hak asasi manusia yaitu hak untuk hidup, tumbuh kembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai denga harkat dan martabat manusia serta mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi demi terwujudnya anak Indonesia yang sejahtera, dan berkualitas.
Sementara itu menurut ketua panitia H A Kadir Ubbe Kepala Dinas Sosial Kalbar dalam sambutannya mengatakan berbagai kegiatan yang telah dilakukan dalam rangka Hari Anak Nasional untuk tingkat nasional adalah Pengiriman Duta anak mengikuti Kongres Anak di Jakarta, pengiriman Jambore anak di TMII Jakarta, dan untuk kegiatan di daerah adalah Lomba Kreativitas anak, Festival anak soleh, sosialisasi kesehatan bersama Dharma wanita Provinsi Kalbar, Forum anak daerah, kegiatan out bond, pelayanan social bagi anak bermasalah, bantuan kepada anak yatim piatu, dan penanaman sejuta pohon di sekolah yang di koordinir oleh Diknas Provinsi Kalbar.
Selain itu pemerintah juga memberikan penghargaan bagi siswa berprestasi yang diwakili oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar Ny. Frederika Cornelis.
========
PRESTASI ANAK
Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar Ny Frederika Cornelis memberikan penghargaan kepada siswa berprestasi pda Upacara Hari Anak Nasional, Selasa(29/7) di Pendopo Gubernur Kalbar. Foto Lukas B Wijanarko/Borneo Tribune, Pontianak

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger