Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Kamis, 03 April 2008

Tri Setia di Pundak Cornelis


LAGU Indonesia Raya berkumandang di Graha Khatulistiwa Polda Kalbar mengiringi pelantikan Drs. Cornelis, MH yang juga Gubernur Kalbar sebagai Ketua Keluarga Besar Putra Putri Polisi (KBPP) Kalbar, Rabu (26/3).

Pelantikan dihadiri Ketua Umum KBPP Ir.Drs. Budiarso dan sekjennya Ananda Jatmika, serta jajaran pengurus KBPPI Kalbar dan para kapolsek di lingkungan Polda Kalbar.

Pelantikan Cornelis sebagai ketua bukannya proses yang mudah, karena memerlukan 8 bulan untuk menentukan siapa yang berhak untuk mendapatkan jabatan tersebut, hal ini dikarenakan proses paripurna pemilihan ketua mencuat dua nama: Cornelis dan Morkes Efendi. Kedua kepala daerah yang masing-masing kala itu Bupati Landak dan Bupati Ketapang itu memiliki suara yang sama sehingga membuat permilihan harus diserahkan ke pengurus pusat untuk mengambil keputusan yang objektif.
Pengurus Pusat menyerahkan kepengurusan KBPP Kalbar 2008–2012 kepada Cornelis.
Cornelis tidak bisa berucap apa-apa lagi dengan amanah yang diembannya sekarang, yang pasti katanya dalam waktu 14 hari akan melakukan konsolidasi kepengurusan. Ia juga menuturkan sebelum akhir 2008 ini kepengurusan terbentuk.

Ketua Umum KBPP mengharapkan Cornelis untuk segera membentuk kepengurusan hingga sektor-sektor di kecamatan.
Sementara itu Pembina KBPP Kalbar yang juga Kapolda Kalbar Brigjen Zainal Abidin Ishak menuturkan setelah mengalami kevakuman pengurus beberapa bulan, dengan pelantikan Cornelis sebagai ketua maka mulai hari ini (kemarin, red), kevakuman tersebut sudah mulai mencair untuk kembali menjalankan roda organisasi KBPP yang cukup besar dan cukup diperhitungkan oleh organisasi kemasyarakatan lainnya. Oleh karenanya, untuk menjawab kesemuanya itu, perlu segera disusun perangkat kepengurusan yang mampu mengakomodir berbagai aspirasi yang berkembang dengan tetap menjunjung tinggi soliditas organisasi, serta mampu memajukan organisasi KBPP ke arah yang lebih baik.

Karena potensi KBPP di segala strata, baik di eksekutif, legislatif, yudikatif maupun maupun di bidang usaha dan kewiraswastaan cukup besar, Kapolda mengharapkan potensi tersebut hendaknya diberdayakan secara maksimal, sehingga mampu memberikan kontribusi yang positif bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kalbar.

Dengan terpilihnya kader terbaik KBPP hasil pilihan rakyat tersebut, mengharapkan dukungan sepenuhnya sesuai dengan peran masing-masing, artinya bila pimpinan dizalimi oleh pihak lain, sebagai keluarga besar KBPP harus ikut merasakan penderitaan tersebut, dengan melakukan hal-hal sesuai dengan tugas pokok, fungsi dan peran masing-masing serta tetap menjunjung tinggi norma-norma hukum sebagaimana yang tertuang dalam anggaran rumah tangga pada bab XIV pasal 47 ayat 1 tentang Tri Setia. Kapolda juga mengharapkan Cornelis dapat mengemban amanah ini dengan penuh tanggung jawab.■Sugeng Mulyono/Borneo Tribune

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger