Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata....

Kamis, 03 April 2008

Koperasi Sejahterakan Anggota


RAPAT Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Barat kedepan, akan lebih menyejahterakan anggotanya dengan penyediaan fasilitas yang memungkinkan kepada

Bertempat di Function Hall 2 Hotel Kapuas Palace Pontianak, Senin (31/3) Gubernur Kalbar, Drs. Cornelis, MH membuka secara resmi Rapat Anggota Tahunan ( RAT ) Koperasi Kantor Gubernur Provinsi Kalbar. Rapat ini merupakan RAT untuk Tahun Tutup Buku 2007, RAT Dibuka oleh Ketua Koperasi Kantor Gubernur, Drs. H. Charil Anwar, yang dihadiri oleh 127 orang dari total keseluruhan sejumlah 220 orang.
Pada kesempatan tersebut, Cornelis mengatakan, sisa hasil usaha yang ada seharusnya dipergunakan untuk anggota demi kesejahteraan mereka, yakni dengan cara memberikan fasilitas yang diperlukan, selanjutnya sisa hasil usaha itu dapat dimanfaatkan oleh anggota untuk pelaksanaan program koperasi tahun buku yang akan datang .
Meski, hasil kinerja Koperasi Kantor Gubernur Kalbar dinilai standar, namun Cornelis sangat berharap adanya kemajuan dan peningkatan yang dapat ditularkan kepada koperasi lain, seperti pelaksanaan manajemen koperasi sesuai standar dan prinsip koperasi, yang berlandaskan pada UUD 1945.
“Para anggota perlu ditekankan bahwa koperasi ini saya punya, kalau ia merasa memiliki maka ia pun harus merasa tanggung jawab,” ujar Cornelis kepada wartawan, usai membuka RAT Koperasi kemarin.
Sebelum UUD 1945 mengalami perubahan, koperasi telah diatur dalam pasal 33 ayat 1 yang isinya menyatakan bahwa perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan, kemudian dari dasar itulah, Cornelis mengharapkan anggota dapat mewujudkan cita-cita koperasi melalui UUD 1945 tersebut.
Untuk mempertegas hal ini, Ketua Koperasi Kantor Gubernur Kalbar, Drs. H. Charil Anwar mengatakan, sejauh ini pihaknya telah melakukan upaya kepada anggota semaksimal mungkin, dengan cara memberikan rumah disertai cicilan yang mudah.
Diakuinya, wilayah Kalbar masih terikat musim panas dan hujan, sehingga mengakibatkan adanya program yang tidak dilaksanakan.
Namun pihaknya tetap mengupayakan kesejahteraan kepada anggota dengan menyediakan 77 unit tanah, yang berdomisili di Jalan A. Yani Gang Parit Haji Muhsin, adapun sebagian besar sudah dimiliki para anggota dan masih tersisa 7 unit yang belum memiliki kepemilikan.
Dijelaskannya, subsidi yang diberikan kepada seluruh anggota adalah modal koperasi, dari tiap unit, disediakan satu tipe 36, ditawarkan dengan harga Rp. 56 juta sudah termasuk tanah.
Ditegaskannya, untuk mendapatkan unit ini hanya untuk anggota, terutama kepada pegawai yang belum mendapatkan rumah.
“Karena untuk mendapatkan Bapertarum, syaratnya harus lima tahun, sedangkan anggota kita ada yang baru masuk menjadi pegawai sudah memiliki keluarga, serta belum memiliki rumah, maka kita mudahkan kepada mereka untuk mendapatkan tempat tinggal ini,” kata Chairil menambahkan.
Dipaparkannya, hingga kini jumlah anggota yang menyanding Kredit Pemilikan Rumah (KPR) berjumlah, 1219 anggota, untuk pengurusan administrasi menurut Charili tergantung penyelesaiannya, apabila terdapat penyelesaian yang terlalu lama ia mengharapkan anggota memaklumi persoalan ini.□Aulia Marti/Borneo Tribune

0 komentar:

 
Copyright  © 2007 | Design by uniQue             Icon from : FamFamFam             Powered by Powered By Blogger